Kompas TV nasional peristiwa

Siap-Siap, Mulai 7 Maret Turis Asing Masuk Bali Bebas Karantina tapi...

Kompas.tv - 6 Maret 2022, 08:59 WIB
siap-siap-mulai-7-maret-turis-asing-masuk-bali-bebas-karantina-tapi
Foto ilustrasi Pulau Dewata, Bali. Mulai Senin (7/3/2022), para pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) dibebaskan tidak melakukan karantina saat masuk ke Bali. (Sumber: SHUTTERSTOCK/Affandi Rahman Halim)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV — Pemerintah akan melakukan uji coba bebas karantina bagi Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) atau turis asing yang telah divaksinasi Covid-19 lengkap serta booster mulai Senin besok, 7 Maret 2022. Lokasi uji coba penerapan tersebut sudah ditentukan yakni di Bali.

"Sah! Sesuai arahan dari Bapak Presiden @jokowi, sudah diputuskan bahwa mulai 7 Maret 2022 Bali akan diujicobakan bebas karantina bagi para pelaku perjalanan luar negeri yang telah vaksin lengkap dan juga booster," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno lewat akun Instagram, @sandiuno, Sabtu (5/3).

Sandi menyebut uji coba masuk Bali bebas karantina ini menjadi kabar baik bagi para pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif.

Ia pun optimistis akan semakin banyak peluang usaha dan lapangan kerja baru yang tercipta untuk masyarakat.

"Saya berharap ini menjadi kebijakan yang tepat sasaran, tepat manfaat dan tepat waktu. Dengan bergotong-royong, kita bisa mengalahkan pandemi Covid-19 dan membangkitkan kembali ekonomi Indonesia!" ujarnya.

Perlu diketahui, kebijakan uji coba bebas karantina di Bali ini dimajukan dari rencana awal.

Baca Juga: Banjir di Kota dan Kabupaten Serang Berangsur Surut, Warga Mulai Kembali ke Rumah

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.TV sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan pemerintah berencana memperluas kebijakan bebas masuk Indonesia tanpa karantina bagi pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) mulai 1 April 2022.

Meski demikan, Luhut menuturkan kebijakan ini bakal diterapkan jika uji coba karantina yang dilakukan di Bali pada 14 Maret 2022 mendatang dapat berjalan dengan baik.

"Jika uji coba berjalan baik, kami akan memperluas kebijakan tanpa karantina di seluruh Indonesia sejak 1 April 2022," kata Luhut dalam jumpa pers secara daring, Minggu (27/2/2022).

"Namun sekali lagi, kebijakan ini akan dilaksanakan berdasarkan data perkembangan pandemi Covid-19 ke depan," imbuhnya. 

Luhut saat itu menuturkan Bali dipilih pemerintah sebagai lokasi uji coba proyek percontohan dikarenakan tingkat vaksinasi dosis kedua umum yang sudah tinggi dibandingkan provinsi lain.

Di sisi lain, dia menuturkan sejak Bali dibuka untuk penerbangan wisatawan mancanegara (wisman), sampai Sabtu (26/2) tercatat sudah ada lebih dari 1.600 wisman yang datang.

“Dari 50 persen di antaranya memilih untuk melakukan karantina bubble. Sebagian besar wisman memilih hotel bubble dengan rata-rata kamar per malamnya mencapai Rp3 juta," jelas Luhut. 

Menurut penjelasannya, warga negara asing (WNA) dari Rusia, Australia, Prancis, Amerika serta Belanda mendominasi wisatawan yang datang ke Bali.

Baca Juga: Mulai 7 Maret PTM Terbatas di Kota Tangsel Kembali Dibuka, Kapasitasnya 50 Persen



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x