Kompas TV nasional politik

Hasil Survei LSI: Tingkat Kepuasan Kinerja Pemerintahan Jokowi Menurun

Kompas.tv - 3 Maret 2022, 18:23 WIB
hasil-survei-lsi-tingkat-kepuasan-kinerja-pemerintahan-jokowi-menurun
Presiden Joko Widodo saat menyampaikan paparan tentang pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di sela peresmian gedung Nasdem Tower di Jakarta, Selasa (22/2/2022). (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS TV - Hasil survei LSI (Lembaga Survei Indonesia) mengungkapkan bahwa masyarakat puas terhadap kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

Namun sayangnya, tingkat kepuasan kinerja pemerintahan Jokowi dari survei yang dilakukan LSI terbaru justru menunjukkan penurunan. 

Baca Juga: Politikus PKS: Jika Jokowi Terus Diam, Bisa Dianggap Mendukung Penundaan Pemilu 2024

Direktur Eksekutif LSI, Djayadi Hanan menjelaskan pada Desember 2021 kepuasan kinerja terhadap pemerintah mencapai 71,4 persen, tapi di Februari 2022 menurun menjadi 66,3 persen. 

Sementara masyarakat yang menyatakan kurang puas sebanyak 23,7 persen dan yang menyatakan tidak puas sama sekali sebanyak 6,2 persen.

"Ada penurunan terhadap tingkat kepuasan (kinerja pemerintahan) presiden (Jokowi) kalau dibandingkan Desember 2021 berdasarkan survei kali ini. Dari 71,4 persen menjadi 66,3 persen," kata Djayadi dalam pemaparannya secara daring, Kamis (3/3/2022). 

Survei ini dilakukan pada 25 Februari sampai 1 Maret 2024 dan menyatakan sekitar 68 hingga 71 persen responden tak setuju dengan agenda tersebut. 

Baca Juga: Pengamat: Harusnya Jokowi Usir Kartel Minyak dan Daging, Rakyat Sudah Ngos-ngosan

Responden yang digunakan sebanyak 1.197 yang tersebar di hampir seluruh wilayah Indonesia, dengan asumsi metode simple random sampling. 

Hasil survei memiliki toleransi kesalahan (margin of error)  lebih kurang 2,89 persen, dengan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x