Kompas TV nasional sosial

Menag Yaqut Ajak Umat Hindu Jadikan Hari Suci Nyepi Momentum Aktualisasi Tattwam Asi

Kompas.tv - 3 Maret 2022, 17:14 WIB
menag-yaqut-ajak-umat-hindu-jadikan-hari-suci-nyepi-momentum-aktualisasi-tattwam-asi
Menag Yaqut dalam sebuah acara. Kemenag klarifikasi terkait dugaan menyamakan azan dengan anjing. (Sumber: Kemenag)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengajak umat Hindu untuk mengaktualisasi nilai Tattwam Asi yang bermakna aku adalah engkau dalam perayaan Hari Suci Nyepi dan Tahun Baru Caka 1944.

Menag menilai umat Hindu memiliki kekayaan nilai-nilai positif yang bisa digali dan diamalkan dalam menjalani kehidupan di tengah kemajemukan Indonesia. 

Perayaan Hari Suci Nyepi dan Tahun Baru Caka 1944 bisa menjadi momentum untuk menggali makna sekaligus mengaktualisasikan nilai-nilai luhur Tattwam Asi.

Baca Juga: Hari Raya Nyepi, Puluhan Penerbangan dari Bandara Soekarno Hatta ke Bali Ditutup Sementara

"Tattwam Asi bermakna aku adalah engkau. Nilai ini menjadi sumber inspirasi bagi umat Hindu untuk hidup saling menghormati, rukun, dan bertoleransi. Mari aktualisasi nilai Tattwam Asi dan perkuat moderasi beragama," ujar Menag Yaqut dalam keterangan tertulisnya, Kamis (3/3/2022).

Umat Hindu hari ini menjalani Catur Brata Penyepian sebagai rangkaian perayaan Hari Suci Nyepi dan Tahun Baru Caka 1944. 

Mereka melakukan Amati Geni atau tidak menggunakan dan menghidupkan api, Amati Karya yakni tidak bekerja, Amati Lelungan atau tidak bepergian, dan Amati Lelanguan yakni tidak mendengarkan hiburan.

Menag mengapresiasi tema Nyepi tahun ini, yakni Aktualisasi Nilai Tattwam Asi dalam Moderasi Beragama menuju Indonesia Tangguh. 

Baca Juga: Jokowi Ucapkan Selamat Hari Raya Nyepi: Dalam Hening Selaraskan Niat Menuju Indonesia Maju

Menag berharap, umat Hindu dapat mengambil pelajaran dari perayaan Hari Suci Nyepi tahun ini dan menjadikannya sebagai lentera dalam menatap masa depan bangsa dan negara.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x