Kompas TV nasional sapa indonesia

Budiman Sudjatmiko: 1999 sampai 2004 Indonesia Lakukan Pemulihan Ekonomi, Pemilu Tetap Terlaksana

Kompas.tv - 2 Maret 2022, 21:41 WIB
budiman-sudjatmiko-1999-sampai-2004-indonesia-lakukan-pemulihan-ekonomi-pemilu-tetap-terlaksana
Budiman Sudjatmiko menyebut, pada tahun 1999 hingga 2004 Indonesia banyak melakukan pemulihan ekonomi, tetapi pemilihan umum (pemilu) tetap dilaksanakan. (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV – Pada tahun 1999 hingga 2004 Indonesia banyak melakukan pemulihan ekonomi, tetapi pemilihan umum (pemilu) tetap dilaksanakan.

Hal itu disampaikan Budiman Sudjatmiko, politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), menanggapi isu tentang penundaan pemilu 2024.

Budiman mengatakan, negara bukan sekadar dibangun oleh konstitusi, tapi juga dibangun oleh etika, dan oleh sejarah.

“Sejarah, etika, dan konstitusi itu satu kesatuan. Jadi konstitusi tidak bisa diubah sembarangan dengan mengabaikan faktor-faktor apa yang menyebabkan sebuah konstitusi harus diubah,” ucapnya dalam Sapa Indonesia Malam KOMPAS TV, Rabu (2/3/2022).

Misalnya, lanjut Budiman, jika alasan penundaan karena faktor pemulihan ekonomi, menurut dia, sejak krisis moneter tahun 1997 pemulihan ekonomi sudah ada.

“Tapi, urusan pemilu kan urusan yang sifatnya reguler. Bahwa kemudian Pak Harto mundur pada Mei 1998, itu memang urusannya sudah lain, tidak demokratis pada waktu itu.”

Baca Juga: Usulan Tunda Pemilu 2024 Mencuat, Partai Demokrat: Itu Usulan yang Tidak Bertanggung Jawab!

“Tapi, antara 1999 sampai 2004 kita juga banyak melakukan pemulihan ekonomi, kita bangkit dari krisis. Toh dilaksanakan pemilu 1999, dilaksanakan pemilu 2004,” tegasnya.

Terkait isu penundaan pemilu dan perpanjangan masa jabatan presiden, Budiman mengatakan, partainya mengisyaratkan tidak akan setuju.

Hal itu, lanjut dia, sempat muncul dalam beberapa acara internal partai, dam dikemukakan oleh ketua umum maupun sekjen.

“Bu Mega menyebut tidak boleh mengganti pemilihan presiden langsung, regularitas dua periode,” tuturnya.

Sebab, pemilihan langsung maupun pembatasan periode masa jabatan presiden adalah dua buah dari reformasi, dan PDI Perjuangan lahir dari proses itu.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x