Kompas TV nasional politik

Muhaimin Iskandar: Berdasar Perbincangan di Medsos, Banyak yang Setuju Penundaan Pemilu 2024

Kompas.tv - 28 Februari 2022, 05:05 WIB
muhaimin-iskandar-berdasar-perbincangan-di-medsos-banyak-yang-setuju-penundaan-pemilu-2024
Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar memberikan pengarahan pada acara Bimtek Fraksi PKB dan DPC PKB se-Jawa Barat serta orasi politik bertajuk Politik Kesejahteraan dan Kebahagiaan, di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (26/2/2002). (Sumber: Antara)

CIREBON, KOMPAS.TV - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar mengeklaim banyak yang setuju dengan usulan penundaan Pemilu 2024.

Menurut Muhaimin, klaim tersebut didasarkan atas analisa big data perbincangan di media sosial.
Berdasarkan analisa big data, dari 100 juta akun di media sosial, sebanyak 60 persen mendukung dan 40 persen menolak penundaan pemilu.

"Big data mulai jadi referensi kebijakan dalam pengambilan keputusan," kata Muhaimin, dikutip dari Antara, Minggu (27/2/2022).

Menurutnya, kini big data menjadi dasar pengambilan sikap bergeser dari sebelumnya mengacu pada survei.

Peralihan terjadi karena survei hanya memotret suara responden pada kisaran 1.200-1.500 orang saja, sementara responden big data bisa mencapai 100 juta orang.

Baca Juga: Penundaan Pemilu Disebut Cara Populer Rezim Otoritarian Perpanjang Jabatan

Temuan big data tersebut, kata Muhaimin, berbeda dengan temuan hasil survei yang kebanyakan menyatakan tidak setuju dengan wacana penundaan pemilu atau penambahan masa jabatan presiden menjadi tiga periode.

Menurut dia, fakta politik survei terbaru menunjukkan kepuasan terhadap kinerja Presiden Jokowi tinggi yaitu 73 persen.

"Di atas 60 persen itu disebut tinggi. Tapi tidak beriringan dengan persetujuan penundaan pemilu, sekitar 60 persen tidak setuju dan 40 persen mendukung," ujarnya.

Wakil Ketua DPR RI itu menegaskan bahwa usulan penundaan pelaksanaan pemilu adalah atas inisiatif dirinya, agar momentum pertumbuhan ekonomi yang membaik tidak terganggu dengan pelaksanaan pemilu.

Muhaimin tidak mempermasalahkan pihak-pihak yang menolak usulan penundaan pemilu, karena semua tergantung presiden dan para pemimpin partai politik.

"Pro kontra pilihan kebijakan ini akan terus terjadi seiring memanasnya kompetisi dan persaingan menuju 2024," tukasnya.

Baca Juga: Terkait Wacana Tunda Pemilu 2024, Yusril: Ada Konsekuensi Legitimasi yang Harus Dipertimbangkan

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x