Kompas TV nasional politik

Presiden Jokowi Luncurkan Uji Coba Ekosistem Kendaraan Listrik

Kompas.tv - 22 Februari 2022, 19:36 WIB
presiden-jokowi-luncurkan-uji-coba-ekosistem-kendaraan-listrik
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau peluncuran uji coba ekosistem kendaraan listrik di Jakarta Selatan, Selasa (22/2/2022). (Sumber: YouTube Sekretariat Presiden)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau peluncuran uji coba ekosistem kendaraan listrik di Jakarta Selatan, Selasa (22/2/2022).

Uji coba ekosistem kendaraan listrik ini menunjukkan langkah serius pemerintah untuk masuk kepada energi baru terbarukan (EBT). Termasuk di dalamnya menuju kepada kendaraan listrik. 

Presiden Jokowi menyatakan apresiasi kepada Pertamina, Gojek, Gesit, Goto yang memulai membangun ekosistem kendaraan listrik.

Baca Juga: Jokowi: yang Senang Naik Mobil BBM Fosil, Jangan Pindah ke IKN Nusantara

"Kita harapkan sesuai dengan target kita di 2020, emisi karbon berada di angka 29 persen. Kemudian di 2060 kita akan masuk ke emisi nol," ujar Presiden Jokowi dalam sambutannya. 

Presiden menambahkan dukungan ekosistem dari hulu sampai hilir, juga bisa membuat Indonesia menjadi produsen dari kendaraan listrik.

Pemerintah juga menargetkan di 2025, 2 juta kendaraan listrik bisa digunakan oleh masyarakat dan selanjutnya akan menuju pasar ekspor.

"Saya sangat menghargai upaya ini dan kita harapkan, nanti pabrik baterai listrik segera bisa selesai dalam jumlah kapasitas besar kemudian kendaraan juga tingkatkan lagi," ujarnya.

Baca Juga: Pertamina dan Grab Kerja Sama Perkuat Ekosistem Kendaraan Listrik, Lengkap dengan Baterainya

Presiden Jokowi menilai kemudahan dalam penggunaan baterai dan kendaraan listrik akan menarik minat semua orang untuk masuk kepada jenis transportasi tersebut.

Ia juga mengaku sudah melihat bagaimana kemudahan pengisian dan penggantian baterai kendaraan listrik di tempat yang akan disediakan oleh Pertamina.

"Karena lebih murah dan yang paling penting tidak menimbulkan polusi," ujar Presiden Jokowi.

Baca Juga: Saat Jokowi Jajal Mobil Listrik Mungil Minicab-MiEV di GIIAS 2021

Adapun ekosistem kendaraan listirik ini dibangun oleh perusahaan patungan antara Gojek dan TBS Energi Utama yakni Electrum, dengan Pertamina, Gogoro, dan Gesits.

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x