Kompas TV nasional sosial

Pendaftaran SNMPTN 2022 Mulai Dibuka Hari Ini 14 Februari, Simak Panduan Lengkapnya

Kompas.tv - 14 Februari 2022, 06:14 WIB
pendaftaran-snmptn-2022-mulai-dibuka-hari-ini-14-februari-simak-panduan-lengkapnya
Langkah awal yang harus dilakukan oleh calon peserta SNMPTN 2022 maupun SBMPTN 2022 adalah membuat akun Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). (Sumber: Tangkapan layar YouTube)
Penulis : Hedi Basri | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022 mulai dibuka hari ini, Senin (14/2/2022).

Pendaftaran SNMPTN 2022 dimulai dari tanggal 14 pukul 15.00 WIB dan ditutup pada 28 Februari. 

Bagi yang sebelumnya sudah memiliki akun LTMPT dan telah disimpan secara permanen bisa melanjutkan untuk mendaftar SNMPTN 2022.

Selain itu, syarat mendaftar SNMPTN 2022 lainnya yakni siswa harus dinyatakan eligible oleh sekolah serta memiliki nilai yang lengkap.

Berikut panduan lengkap pendaftaran SNMPTN 2022 melalui portal.ltmpt.ac.id atau https://snmptn.ltmpt.ac.id.

Baca Juga: Cara Simpan Permanen Akun LTMPT, Lengkap dengan Jadwal SNMPTN 2022

1. Login

Siswa login di portal LTMPT yakni https://snmptn.ltmpt.ac.id dengan menggunakan alamat email dan password yang didaftarkan.

Jika Anda memenuhi syarat untuk mendaftar SNMPTN, tampilan yang muncul setelah Anda login adalah tampilan seperti pada Halaman Profil yang akan dijelaskan pada bab selanjutnya.

Jika Anda tidak memenuhi syarat untuk mendaftar SNMPTN, akan muncul pesan "Mohon maaf, Anda tidak berhak mengikuti SNMPTN 2022. Silakan mengikuti SBMPTN 2022".

Jika Anda memenuhi syarat yang disebutkan sebelumnya di atas namun belum melakukan permanen pada portal LTMPT, maka akan muncul pesan "Data Anda belum permanen.

Pastikan data Anda sudah permanen pada portal LTMPT. Anda akan logout otomatis dalam 30 detik".

Halaman profil berisi informasi biodata dari siswa.

Perlu dicatat bahwa seluruh informasi pada kolom Biodata diambil dari data yang telah diisikan di portal.

Demikian pula dengan Nama, NISN, NPSN Sekolah, dan Asal Sekolah. Isian tersebut tidak dapat diubah pada aplikasi pendaftaran SNMPTN.

Berbeda dengan pengisian tahun sebelumnya, kolom Data Orang Tua juga tidak perlu diisi karena mengambil informasi yang telah Anda isikan pada portal.

Baca Juga: ITS Surabaya Umumkan SNMPTN 2022 Jalur YouTuber dan Influencer, Cek Syarat dan Cara Daftarnya

2. Memilih prodi

Langkah selanjutnya adalah siswa melakukan pendaftaran SNMPTN dengan mengisikan pilihan program studi (prodi) yang dipilih pada halaman PILIHAN.

Silakan pilih salah satu PTN/Politeknik Negeri dari daftar yang disediakan pada kolom Pilihan PTN/Politeknik Negeri.

Setelah itu, akan muncul Daftar Prodi yang dapat dipilih oleh siswa. Prodi yang akan muncul hanya Prodi yang memperbolehkan jurusan dari SMA/SMK/MA asal siswa untuk mendaftar.

Setiap siswa dapat memilih dua program studi dari satu PTN/Politeknik Negeri atau dua PTN/Politeknik Negeri.

Jika memilih dua program studi, salah satu harus berada di PTN/Politeknik Negeri pada provinsi yang sama dengan SMA/MA/SMK asalnya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x