Kompas TV nasional peristiwa

LBH APIK Kecam Ceramah Oki Setiana Dewi: Menyesatkan dan Membodohkan!

Kompas.tv - 4 Februari 2022, 21:11 WIB
lbh-apik-kecam-ceramah-oki-setiana-dewi-menyesatkan-dan-membodohkan
Kronologi Oki Setiana Dewi dihujat gegara ceramahnya dinilai menormalisasi KDRT. (Sumber: Instagram)
Penulis : Vidi Batlolone | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV – Lembaga Bantuan Hukum Asosiasi Perempuan untuk Keadilan (LBH Apik) mengecam ceramah Oki Setiana Dewi soal kekerasan dalam rumah tangga (KDRT).

Menurut LBH Apik ceramah tersebut menyesatkan dan membodohkan masyarakat. Dengan ceramahnya, Oki dinilai justru membuat perempuan korban KDRT semakin tidak berdaya untuk melaporkan penganiayaan terhadapnya.  

“Ini membuat korban KDRT semakin tidak berdaya untuk melaporkan. Karena stigma bahwa KDRT itu sebagai aib,” tutur Direktur LBH Apik Ratna Bantara Munti dalam pernyataan video yang diterima Kompas TV, Jumat (4/2/2022).

Ratna menegaskan upaya menyembunyikan KDRT dan menganggapnya hanya sebagai aib, justru bertentangan dengan Undang-Undang Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (UU PKDRT) Nomor 23/2004.

Baca Juga: Video Ceramahnya Viral karena Dianggap Normalisasi KDRT, Oki Setiana Dewi Buka Suara

Dia juga menegaskan bahwa penganiayaan dalam rumah tangga adalah suatu tindak pidana.

“Dalam hubungan suami istri itu jelas. KDRT fisik, KDRT psikis, KDRT seksual itu suatu tindak kriminal,” terang Ratna.

Alih-alih memaklumi KDRT dan memahaminya hanya sebagai aib suami, masyarakat seharusnya didorong untuk memberikan perlindungan kepada korban KDRT.

“Korban harus mendapatkan perlindungan. Dia berhak untuk melaporkan. Dan itu juga diatur bahwa masyarakat wajib memberikan bantuan kepada korban dan mencegah terjadinya KDRT,” paparnya.

Baca Juga: Oki Setiana Dewi Minta Maaf Soal Ceramahnya: Saya Sangat Menolak KDRT!

Ratna juga meminta publik tidak lagi menyebarkan ceramah Oki Setiana Dewi tersebut. Dia menyebut ceramah tersebut justru memberikan stigma negatif kepada korban KDRT dan memberinya tekanan sehingga enggan bersuara.

“Bagaimana dia bisa mendapatkan bantuan kalau dia mengadukan KDRT saja itu disalahkan dengan pandangan bahwa itu tindakan yang tidak benar menurut agama,” serunya.

Sebelumnya aktris dan pendakwah Oki Setiana Dewi baru-baru ini menjadi perbincangan netizen lantaran sebuah video berisi ceramah tentang suami istri.

Baca Juga: Profil Oki Setiana Dewi, Dianggap Normalisasi KDRT di Ceramahnya

Dalam video ceramah yang beredar, Oki Setiana Dewi menyinggung soal Kekerasan dalam Rumah Tangga (KDRT).

Dalam video tersebut, Oki bercerita ada sepasang suami istri yang sedang bertengkar hingga sang suami menampar istrinya.

Saat itu, orang tua istri tiba-tiba datang. Dalam kondisi sembab akibat menangis, sang istri tersebut menemui kedua orangtuanya.

Ibu dari perempuan itu bertanya kenapa ia menangis. Namun, bukannya memberitahu, ia justru menutupi kelakuan sang suami.

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x