Kompas TV entertainment selebriti

Profil Oki Setiana Dewi, Dianggap Normalisasi KDRT di Ceramahnya

Kompas.tv - 3 Februari 2022, 14:09 WIB
profil-oki-setiana-dewi-dianggap-normalisasi-kdrt-di-ceramahnya
Oki Setiana Dewi (Sumber: Instagram)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV – Nama Oki Setiana Dewi kini tengah menjadi sorotan publik usai ceramahnya viral dan dianggap menormalisasi kekerasan dalam rumah tangga (KDRT).

Dalam video yang beredar di media sosial, Oki Setiana Dewi menceritakan kisah dari pasangan suami istri yang tengah bertengkar. Saking peliknya, suami memukul istri.

Di saat yang sama, orang tua istri datang. Dengan mata sembab, istri membukakan pintu. Suami sempat mengira istrinya akan mengadukan tindakannya ke orang tua, namun tidak.

“Kan kalau perempuan kadang-kadang suka lebay ceritanya enggak sesuai kenyataan. Orang kalau lagi marah, lagi sakit hati, ceritanya suka dilebih-lebihkan,” kata Oki dalam video tersebut.

Baca Juga: Sidang Jerinx Ditunda Pekan Depan karena Saksi Ahli Berhalangan Hadir, Ada yang Kena Covid-19

Potongan video tersebut sontak membuat netizen geram. Bahkan, kata KDRT dan Oki Setiana Dewi sampai menjadi trending topic di Twitter.

“Oki Setiana Dewi, kamu membuat komunitas Muslim terlihat buruk dengan membela kekerasan dalam rumah tangga,” tulis akun Twitter @pinkerajinnie.

“Sumpah asli geram, gak terima dengan statement ngawur & tidak berperikemanusiaan itu,” tulis akun @ninikwafiroh.

Profil Oki Setiana Dewi

Oki Setiana Dewi adalah seorang aktris, pendakwah, dan penulis kelahiran Batam, 13 Januari 1989. Kakak YouTuber Ra Ricis ini mulai dikenal publik setelah menjadi pemeran utama di film Ketika Cinta Bertasbih.

Film tersebut sukses besar hingga membuat Oki memenangkan dua penghargaan di ajang Indonesia Movie Awards 2010 sebagai Aktris Pendatang Baru Wanita Terbaik dan Aktris Pendatang Baru Wanita Terfavorit.

Perempuan 33 tahun ini memiliki riwayat pendidikan yang cukup mentereng. Lulus SMA, Oki melanjutkan studi di Universitas Indonesia jurusan Sastra Belanda, kemudian S2-nya di Universitas Negeri Jakarta mengambil jurusan Pendidikan Anak Usia Dini.

Tak cukup, Oki Setiana Dewi melanjutkan S3 di dua perguruan tinggi, yakni Program Doktor Kajian Islam Konsetrasi Dakwah, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan Program Doktor Ilmu Al Quran dan Tafsir Konsentrasi Pendidikan Berbasis Quran, Institut PTIQ Jakarta.

Baca Juga: Ria Ricis Drop Usai Gelar Akad Nikah, Oki Setiana Dewi Ungkap Penyebabnya

Selain itu, pada tahun 2017 Oki Setiana Dewi pernah mempelajari Kajian Islam di Australia dan Jerman usai mendapatkan beasiswa.

Perempuan multi talenta ini juga rutin menulis buku. Sepanjang tahun 2011 hingga 2018, Oki sudah menulis sejumlah buku, termasuk Melukis Pelangi, Cahaya di Atas Cahaya, Hijab Im In Love, hingga Sebentang Kearifan dari Barat.

Inilah yang kemudian mengantarkan Oki menjadi pembicara di Program Islam Itu Indah di Trans TV. Kini, Oki rutin mengisi ceramah di beberapa acara.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x