Kompas TV nasional update corona

Jubir Vaksinasi: Peningkatan Kasus Tinggi, Siap-Siap Hadapi Gelombang Ketiga Covid-19

Kompas.tv - 3 Februari 2022, 20:33 WIB
jubir-vaksinasi-peningkatan-kasus-tinggi-siap-siap-hadapi-gelombang-ketiga-covid-19
Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2PML) Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi menjelaskan varian baru Omicron yang menyebar di Afrika Selatan, Sabtu (27/11/2021). (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Vidi Batlolone | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Pemerintah Siti Nadia Tarmizi menyatakan Indonesia sudah bersiap-siap menghadapi gelombang ketiga Covid-19.

Hal ini sehubungan dengan terus meningkatnya kasus Covid-19 dalam sekitar dua minggu terakhir. Bahkan lonjakan kasus setiap hari mencapai 100 persen lebih.

“Apakah Indonesia sudah gelombang ke tiga, nanti ada informasi resmi dari pemerintah. Tetapi artinya kita bersiap-siap menghadapi gelombang ketiga,” ujar Siti Nadia Tarmizi dalam wawancara di Program Kompas Petang, Kompas TV, Kamis (3/2/2022). 

Baca Juga: Siapkah Kita Menghadapi Gelombang Ketiga? - SATU MEJA

Menurut Siti di banyak negara pun sudah terjadi peningkatan kasus. Hal ini membuat Indonesia semakin waspada.

Jika merujuk 14 hari ke belakang, kata Siti, terjadi peningkatan kasus melebihi 100 persen setiap harinya.

Jika sebelumnya kasus aktif di sleuruh Indonesia hanya sekitar 200 atau bahkan di bawahnya, namun kini peningkatan setiap hari berlipat-lipat.

Baca Juga: Gelombang Ketiga dan Omicron Mencekam, P2G Indonesia: Sekolah Terancam Kalau Covid-19 Seperti Ini!

“Kemarin dilaporkan jumlah kasus konfirmasi positif itu 17.800 naik dibanding hari sebelumnya sebanyak 16 ribu,” tukasnya.

Menurut Siti Nadia dengan belajar dari pengalaman negara lain dan adanya varian Omicron, maka diprediksi puncak gelombang ketiga akan terjadi pada minggu ketiga Februari hingga minggu pertama Maret 2022.

Dia mengatakan dengan prediksi tersebut, maka masih ada waktu untuk mengurangi efek gelombang ke tiga yaitu dengan terus tertib menjaga protokol kesehatan.

Baca Juga: Gelombang Ketiga Covid-19 Dimulai di DKI Jakarta, Wagub: Berkegiatan di Rumah!

“Kita masih punya waktu untuk mencegah jangan sampai kasus ini meningkat seperti prediksi banyak ahli yang bisa meningkat 3 kali 4 kali dan puncak kasus varian Delta bulan Juli,” tuturnya.

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x