Kompas TV nasional berita utama

Jokowi Targetkan 57 Bendungan Rampung Dibangun hingga Akhir 2024

Kompas.tv - 14 Januari 2022, 16:20 WIB
jokowi-targetkan-57-bendungan-rampung-dibangun-hingga-akhir-2024
Presiden Joko Widodo meresmikan Bendungan Bintang Bano di Kabupaten Sumbawa Barat. (Sumber: Tangkapan Layar Youtube Setpres/ninuk)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Gading Persada

SUMBAWA BARAT, KOMPAS.TV- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, ada 57 bendungan di seluruh Indonesia yang akan diselesaikan hingga akhir 2024.

Pernyataan itu disampaikan Jokowi seusai meresmikan Bendungan Bintang Bano di Sumbawa Barat, Jumat (14/1/2022).

“Bendungan Bintang Bano ini adalah bendungan ke-29 yang telah kita resmikan sejak 2015 yang lalu. InshaAllah nanti pada akhir 2024 total bendungan yang akan diselesaikan adalah 57 bendungan di seluruh tanah air Indonesia,” kata Jokowi.

Presiden mengungkapkan, alasan dibangunnya 57 bendungan di seluruh wilayah Indonesia adalah untuk ketahanan pangan, kemandirian pangan, dan kedaulatan pangan.

“Itu hanya akan bisa terjadi kalau di seluruh provinsi ada air, kuncinya ada air dan air itu ada kalau kita memiliki bendungan yang sebanyak-banyaknya. oleh sebab itu bendungan-bendungan ini kita bangun,” jelas mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut.

Baca Juga: Jokowi Resmikan Bendungan Bintang Bano NTB Senilai Rp1,44 Triliun, Ini Harapannya

“Dan Alhamdulillah pada hari ini, Bendungan Bintang Bano yang dibangun sejak 2015 menghabiskan biaya Rp1,44 Triliun sudah selesai dan bisa difungsikan,” tambah pria yang pernah menjadi Walikota Solo ini.

Dalam keterangannya, Presiden Jokowi menambahkan Bendungan Bintang Bano merupakan satu di antara enam bendungan yang dibangun di Sumbawa Barat, NTB.

“Bendungan ini adalah satu dari enam bendungan yang dibangun di Provinsi NTB. Dua bendungan yang telah kita resmikan yaitu Bendungan Tanju, dan Bendungan Mila yang telah kita resmikan di 2018,” ucap Presiden Jokowi.

“Kita harapkan bendungan ini akan mendukung ketersediaan air di Sumbawa Barat, mendukung ketahanan pangan di NTB, dan juga bisa memenuhi kebutuhan air baku khususnya di wilayah-wilayah kering yang ada di NTB,” tambahnya.

Lebih lanjut, Jokowi menambahkan Bendungan Bintang Bano memiliki kapasitas tampung yang sangat besar, yakni 76 juta meter kubik dengan luas genangan 256 hektar dan mampu mengairi sawah 6.700 hektar.

Baca Juga: Hari Kedua di NTB, Jokowi Bakal Resmikan Bendungan Bintang Bano di Sumbawa Barat

Berikut daftar bendungan yang selesai dibangun pada 2021 antara lain:



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x