Kompas TV nasional kesehatan

Minum Rebusan Air Kunyit Disebut Timbulkan Efek Samping, Ini Kata Dokter

Kompas.tv - 1 Januari 2022, 19:03 WIB
minum-rebusan-air-kunyit-disebut-timbulkan-efek-samping-ini-kata-dokter
Ilustrasi rebusan air kunyit. Di masyarakat muncul salah satu keraguan perihal meminum air rebusan kunyit bisa memberikan efek samping. (Sumber: Shutterstock via Kompas.com)
Penulis : Gading Persada | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV — Di masyarakat muncul salah satu keraguan perihal meminum air rebusan kunyit bisa memberikan efek samping.

Terlebih, kunyit memiliki rasa yang begitu kuat sehingga butuh orang yang benar-benar tahan dengan rasa yang kuat untuk meminumnya.

Sebelum itu, sudah lama juga Indonesia dikenal menyimpan berbagai resep olahan rempah-rempah yang bahkan banyak orang dari mancanegara ingin merasakan langsung khasiatnya.

Olahan tradisional rempah-rempah Indonesia biasanya ditujukan untuk kesehatan.

Meskipun belum begitu mendapatkan pengakuan secara saintifik dan medis secara menyeluruh, boleh diakui kalau segala olahan rempah Indonesia memang bisa memberikan kebermanfaatan bagi tubuh kita.

Baca Juga: Kunyit Bisa Sembuhkan Asam Urat, Begini Cara Konsumsinya

Di antara beratus-ratus atau mungkin beribu rempah, kunyit menjadi salah satu rempah yang khasiatnya tidak perlu diragukan. 

Selain untuk memberikan warna alami pada makanan, kunyit bisa diolah dengan cara direbus dan airnya diminum. Jika tidak begitu kuat dengan rasa kunyitnya secara langsung, kamu bisa merebusnya bersama teh.

Melansir Sonora.id, Sabtu (1/1/2022), dokter Steven Alviano dari Mandaya Royal Hospital mengakui, secara pasti belum diketahui apakah obat-obatan herbal dan rempah yang banyak varian dan manfaatnya hingga khasiatnya diburu negara lain punya efek samping atau tidak. Termasuk halnya dengan meminum air rebusan kunyit.

Baca Juga: Jessica Iskandar Minum Ramuan Herbal Kunyit dan Jahe untuk Lawan Hypertiroid Autoimun

“Bila dikonsumsi selama tidak berlebihan, maka tidak akan begitu bermasalah,” kata dokter Steven Alviano dalam Konsultasi Kesehatan Sonora yang mengudara di Radio Sonora (30/12/2021) kemarin. 

Dokter Steven menyarankan agar meminum olahan jamu atau rempah langsung secara alami, tidak dalam bentuk bubuk yang biasa diproduksi pabrik-pabrik.

Karena, olahan industri tersebut terkadang mencampurkan bahan tambahan yang belum tentu kamu pahami apa efek sampingnya. Ada baiknya menghindari jamu-jamu yang dijual meskipun terkesan alami.

Baca Juga: Niat Maskeran dari Kunyit pada Wajah, Gadis Ini Malah Alami Hal Ini

Berikut ini sejumlah manfaat yang bisa diperoleh dari meminum air rebusan kunyit:

- Mencegah dan mengobati sedikit demi sedikit penyakit kanker
- Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
- Mengontrol diabetes
- Kandungan antioksidan dalam kunyit mampu mengurangi risiko komplikasi kardiovaskular
- Mengurangi gejala peradagangan sendi
- Mengobati alzheimer
 



Sumber : Sonora.id


BERITA LAINNYA



Close Ads x