Kompas TV nasional peristiwa

Hingga Akhir 2021 Sirkuit Belum Juga Ada, Bagaimana Nasib Pergelaran Formula E di Jakarta?

Kompas.tv - 31 Desember 2021, 15:00 WIB
Penulis : Natasha Ancely

KOMPAS.TV - Setelah tak mendapat kucuran dana infrastruktur dan operasional, pihak Ancol dicurigai Ketua DPRD DKI Jakarta meminjam triliunan rupiah ke bank DKI untuk memuluskan pergelaran Formula E.

Balap mobil Formula E alias balap mobil listrik ditetapkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta digelar pada Juni 2022.

Tapi hingga akhir 2021 sirkuit untuk menyelenggarakan balap mobil tersebut belum juga ada.

Setelah dilarang menggunakan kawasan Monas oleh Pemerintah Pusat Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sempat menjadikan pulau reklamasi sebagai pilihan lokasi.

Terakhir kawasan wisata Ancol yang jadi opsi, tapi pilihan ini juga tak mudah ditembus karena tak ada ongkos pembangunan infrastruktur balap mobil tersebut.

Ketua DPRD DKI Jakarta yang juga politikus PDI Perjuangan Prasetyo Edi Marsudi, mewanti-wanti para pejabat PT Pembangunan Jaya Ancol dan Bank DKI tak coba-coba bermain anggaran untuk Formula E.

Kebetulan, Ancol mengajukan pinjaman Rp 1,2 triliun kepada Bank DKI untuk renovasi dan operasional kawasan wisata.

Baca Juga: KPK: Penyelidikan Dugaan Korupsi Formula E Masih Berlangsung

Ancaman Prasetyo Edi sebagai ketua Komisi B yang menangani perekonomian Jakarta diungkapkan dalam rapat bersama Ancol dan Bank DKI.

Penjelasan Direktur Keuangan Suparno maupun Direktur Utama Bank DKI Fidri Arnaldi dalam rapat kerja untuk sementara bisa menjelaskan peruntukan pinjaman Rp 1,2 triliun.

Tapi bagaimana dengan pembangunan sirkuit di tengah mepetnya waktu pelaksanaan Formula E?

Anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta yang meninjau calon lokasi sirkuit Formula E di kawasan Ancol tak yakin sirkuit ajang balapan itu bisa tepat waktu dibangun.

Soal pinjaman Ancol, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menilai Ancol secara aturan diperkenankan untuk pengembangan usaha, pembangunan infrastruktur, dan sarana lainnya sehingga tak ada pelanggaran aturan penganggaran.

Jadi di manakah lokasi balap mobil Formula E digelar? yang jelas penyelenggara Formula E menunggu kepastian Indonesia menggelar Formula E Juni 2022.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x