Kompas TV nasional peristiwa

Gus Yahya di Haul Gus Dur: Mari Kita Bangun Gerakan Menghidupkan Gus Dur

Kompas.tv - 31 Desember 2021, 05:35 WIB
gus-yahya-di-haul-gus-dur-mari-kita-bangun-gerakan-menghidupkan-gus-dur
Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Yahya Cholil Staquf alias Gus Yahya mengajak masyarakat membangun gerakan menghidupkan Gus Dur. (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Yahya Cholil Staquf mengajak seluruh masyarakat dan umat untuk membangun gerakan menghidupkan Abdurrahman Wahid alias Gus Dur. 

Pria yang akrab di sapa Gus Yahya menyerukan hal tersebut dalam acara Haul ke-12 Gus Dur di Ciganjur, Jakarta Selatan, Kamis (30/12/2021).

Gus Yahya menyebut, hingga detik ini banyak masyarakat yang merindukan Gus Dur karena masih merasakan kebutuhan akan kehadiran Presiden ke-4 RI ini. 

"Di tengah berbagai masalah, sekian banyak kesulitan yang melingkupi bangsa ini, merundung kemanusiaan, alangkah sedikit yang tampil dengan kecerdasan untuk menawarkan jalan keluar seperti Gus Dur," kata Gus Yahya. 

"Di tengah mendung moral, yang menggelapi dunia di sekitar kita, alangkah sedikit yang hadir di tengah-tengah manusia dengan kejujuran penuh seperti Gus Dur," lanjutnya.  

Selain itu, menurutnya juga masih sedikit yang mampu tampil dengan gerakan-gerakan profetik seperti Gus Dur di tengah begitu banyak ketidakpastian di masa depan.

Rasanya, lanjut dia, tidak ada lagi hari ini seorang manusia yang bisa berperan menggantikan Gus Dur.

Meski demikian, Gus Yahya meyakini, masih ada peluang untuk menghadirkan kembali apa yang dulu pernah dihadirkan oleh Gus Dur, asalkan hal itu diupayakan secara bersama-sama.

Menurut dia, di dalam diri Gus Dur terdapat dua hal sekaligus, pertama yakni idealisme. Adapun yang dimaksud yakni idealisme kemanusiaan inklusif, kemanusiaan universal.

Baca Juga: Yenny Wahid Ungkap Alasan Usung Tema Bangkit Bersama dengan Bahagia di Haul ke-12 Gus Dur




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x