Kompas TV nasional sosial

Siap-Siap! 3 Bantuan Pemerintah Ini Masih Cair di Tahun 2022, Jangan Lupa Sertakan NIK KTP

Kompas.tv - 26 Desember 2021, 04:05 WIB
siap-siap-3-bantuan-pemerintah-ini-masih-cair-di-tahun-2022-jangan-lupa-sertakan-nik-ktp
Petugas mendampingi warga yang melakukan pendaftaran calon peserta Kartu Prakerja di LTSA-UPT P2TK di Surabaya, Jawa Timur, Senin (13/4/2020). Kartu Prakerja sebagai salah satu bantuan pemerintah yang siap dicairkan kembali pada 2022 mendatang. (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Gading Persada | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah masih akan menggelontorkan sejumlah bantuan yang siap cair di tahun 2022. Setidaknya ada tiga bantuan pemerintah yang siap cair dan ditransfer ke masyarakat di tahun depan.

Untuk mendapat bantuan pemerintah, harus masukan NIK KTP di link yang sudah disediakan.

Sebagaimana diketahui, bantuan pemerintah yang akan diharapkan bisa membantu masyarakat di masa pandemi yang masih berlangsung.

Disarikan dari berbagai sumber, Sabtu (25/12/2021), berikut ini 3 bantuan pemerintah di antaranya yang siap cari tahun 2022:

Baca Juga: Dana Desa Dilaporkan Telah Menyerap Jutaan Tenaga Kerja untuk Penanganan Covid-19

BLT Dana Desa

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Menterii Desa PDTT) Abdul Halim Iskandar mengatakan, pemerintah pusat telah memberikan patokan untuk penggunaan dana desa (DD) 2022.

Adapun program BLT Desa di tahun 2021 diberikan kepada keluarga miskin dan tidak mampu di desa dengan besaran bantuan tunai sebesar Rp300.000 per keluarga penerima manfaat (KPM) per bulan.
Ke depannya akan ada perubahan persentase pengunaan dana desa.

“Sekitar 40 persen dana desa untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT). Selebihnya, 60 persen dapat dimanfaatkan sebagai program Pemberdayaan untuk Masyarakat Desa," imbuh pria yang akrab disapa Gus Halim seperti diberitakan Kompas.com, Senin (13/12/2021).

Menurut Gus Halim, pihaknya tetap fokus pada penggunaan dana desa 2022 untuk BLT dinilai sudah tepat.

Kebijakan ini diklaim dapat meminimalkan dampak buruk pandemi Covid-19 bagi warga desa serta mempercepat penuntasan penanganan kemiskinan di desa.

Baca Juga: Waduh, Risma Sebut 31 Ribu ASN Terima Bansos PKH hingga BPNT

BPNT dan PKH



Sumber : Kompas.com/Tribunnews


BERITA LAINNYA



Close Ads x