Kompas TV nasional politik

Sekjen PDIP Hasto Penuhi Janjinya Menari Kecak, Begini Aksinya

Kompas.tv - 24 Desember 2021, 07:25 WIB
sekjen-pdip-hasto-penuhi-janjinya-menari-kecak-begini-aksinya
Sekjen PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto memenuhi janji lama untuk menari kecak. (Sumber: Kompas.tv/Istimewa)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV – Sekjen PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto memenuhi janji lama untuk menari kecak.

Aksi menari Hasto rencananya akan ditayangkan dalam rangkaian peringatan HUT ke-49 PDIP yang bertema "Bangunlah Jiwa dan Badannya untuk Indonesia Raya".

Hasto mengatakan, menari bareng-bareng tenyata mempunyai kesan beda, ada aliran energi spiritual ketika menari bersama-sama.

“Saya merasakan adanya gelora terkombinasi rasa kagum pada Sang Pencipta. Saat mengangkat lengan dan meneriakkan cak, cak, cak. Ada gabungan olah rasa, pikir, dan gerak badan dalam satu irama," ungkap Hasto yang dirias lebih 15 menit sebelum tampil.

Ia tampil bersama hampir 100 seniman yang ikut dalam aksi seni yang digelar di Anjungan Bali, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur, Kamis (23/12/2021) malam.

Sebelumnya, ia berlatih selama 2 jam dengan peserta lainnya pada Rabu malam. Para penari yang mendampingi Hasto dikoordinasikan oleh Bli Yanthu, seorang seniman asal Bali.

Baca Juga: Elite PDIP Enggan Tanggapi soal Mayoritas Pendukung yang Ingin Ganjar Jadi Capres di 2024

"Pertunjukan ini sebagai bagian penghormatan terhadap kebudayaan Bali dan dalam rangka memeriahkan peringatan HUT ke-49 PDI Perjuangan," ucap pria asal Yogyakarta itu.

Diketahui, Hasto pada Oktober 2018 lalu pernah berjanji akan menari kecak bila pasangan calon I Wayan Koster-Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) terpilih gubernur dan wagub Bali.

"Saya telah pernah membuat janji kepada masyarakat Bali, kalau Pak Wayan Koster dan Cok Ace menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur, saya akan mempersembahkan sebuah tari kecak sebagai rasa syukur dan juga komitmen bagaimana kepemimpinan Pak Koster dan Cok Ace terus membangun kebudayaan nusantara, terutama Bali sebagai bagian dari nafas ibu pertiwi dengan menggelorakan seluruh rasa cinta tanah air melalui kebudayaan," ucap Hasto.

Janji itu pun baru bisa dipenuhinya sekarang karena pilkada serentak tahun 2020 dan adanya pandemi Covid-19 membuat janjinya tertunda terus.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x