Kompas TV nasional peristiwa

Sosok Mbah Minto, Nenek dari Klaten yang Pernah Viral lewat Video Parodi Gagal Mudik

Kompas.tv - 23 Desember 2021, 09:57 WIB
sosok-mbah-minto-nenek-dari-klaten-yang-pernah-viral-lewat-video-parodi-gagal-mudik
Mbah Minto yang viral gegara dagelan gagal mudik sempat dilarikan ke RS (Sumber: Youtube/Ucup Klaten)
Penulis : Hedi Basri | Editor : Desy Afrianti

SOLO, KOMPAS.TV - Youtuber asal Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Minto Suwito Siyam atau lebih dikenal dengan nama Mbah Minto Klaten, dikabarkan meninggal dunia, Rabu (22/12/2021) malam.

Kabar duka tersebut pertama terdengar dari unggahan akun Instagram Ucup Klaten, @ucup_jbsklaten, Youtuber yang sering berkolaborasi dengan Mbah Minto

"Sugeng tindak Simbok... Terimakasih untuk semua kebaikan dan ketulusanmu, karya-karyamu akan selalu kami kenang," tulis Ucup Klaten dalam keterangan unggahan terbarunya, Kamis (23/12/2021).

Sosok Mbah Minto

Mbah Minto pada awal-awal pandemi Covid-19 sempat viral melalui sebuah video ajakan untuk tidak mudik. Video tersebut digarap bersama Youtuber Ucup Klaten.

Menurut pengumuman lelayu yang juga sempat dibagikan Gubernur Jawa Tengah di akun Twitter pribadinya, @ganjarpranowo, Mbah Minto bernama lengkap Minto Suwito Siyam.

Mbah Minto merupakan warga Dukuh Selorejo RT 07/RW 17 Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten.

Diketahui, Mbah Minto meninggal setelah dirawat di RS Islam Klaten, sekitar pukul 21.00 WIB dan dibawa pulang keluarga sekit ar jam 22.30 WIB.

Masih dalam lelayu yang sama, jenazah Mbah Minto akan dimakamkan pada Kamis (23/12/2021) pukul 14.00 WIB di Sasono loyo Wonosegaran, Bugel, Krakitan.

Mbah Minto meninggalkan 4 anak, 15 cucu dan 4 orang buyut.

Baca Juga: Kabar Duka Mbah Minto Meninggal Dunia, Ucup Klaten: Karya-karyamu akan Selalu Kami Kenang

Mbah Minto diketahui hidup sendiri karena keempat anaknya merantau.

Anak keempat lah yang merantau paling dekat, yaitu di Wonosari, Gunungkidul, DIY.

"Mbah Minto hidup sendiri, anak-anaknya sudah merantau sebagai pedagang, sudah dua tahun anaknya tidak pulang," ungkap Paimin (51) keponakan Mbah Minto, Minggu (3/5/2021), dilansir dari TribunSolo.

Ia mengatakan Mbah Minto tinggal di sebuah rumah berukuran 4x5 meter tanpa sekat.

Di rumah Mbah Minto, ujar Paimin, hanya ada satu lemari, kasur dipan, dan beberapa perabot kecil.

Nama Mbah Minto mulai dikenal setelah videonya berjudul Ora Mudik viral dan beredar luas di media sosial pada April 2020 lalu.

Dalam video itu, ia berpesan agar anaknya menaati aturan pemerintah supaya tak mudik untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Bahkan, video tersebut menjadi perhatian Ganjar Pranowo.

"Mbah Minto, apakah kamu tahu tokoh mbak kita yang satu ini? Seorang selebgram 'ora mudik' dari Klaten," begitu pada 1 April 2020.

Baca Juga: Mbah Minto Meninggal, Ganjar Pranowo Ikut Berduka: Panjenengan Tiyang Sae

Mbah Minto dapat THR dari Ganjar

Tak hanya itu, Ganjar bahkan menelepon Mbah Minto dan memberikan THR sebesar Rp1 juta.

"Kemarin, Ganjar menelepon Mbah Minto via Instagram lewat saya, Ganjar kasih THR buat Mbah Minto, Rp 1 juta," ungkap Ucup Klaten, Minggu (3/5/2021).

THR itu diberikan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo lewat Muhammad Yusuf alias Ucup (30) yang menjadi konten kreator video tersebut. Lewat percakapan di live Instagram, Ganjar, Mbah Minto dan Ucup berkomunikasi soal keseharian Mbah Minto.

Mulanya Ganjar bertanya bantuan apa saja yang pernah diterima Mbah Minto. Dibantu Ucup, Mbah Minto menyebut dia tidak terdaftar PKH dan pernah mendapatkan bantuan renovasi rumah dari pemda setempat. Percakapan dengan Mbah Minto ini sesekali tidak nyambung dan malah mengundang tawa.

Ganjar lalu menawarkan apa yang menjadi permintaan Mbah Minto kepadanya. Mbah Minto menjawab sembako, lalu Ganjar meminta Mbah Minto untuk memperagakan satu adegan di YouTube. Setelah dibisiki Ucup, Mbah Minto akhirnya berucap soal THR.

"Pak Ganjar kirimi THR soyo ganteng (kirim THR makin ganteng)," kata Mbah Minto seperti dikutip dari Instagram @ganjar_pranowo, Sabtu (2/5/2020).



Sumber : Kompas TV/kompas.com/TribunSolo


BERITA LAINNYA



Close Ads x