Kompas TV nasional peristiwa

Kembali Bagi-Bagi Sepeda, Presiden Jokowi: Siapa yang Hafal Pancasila?

Kompas.tv - 21 Desember 2021, 21:32 WIB
kembali-bagi-bagi-sepeda-presiden-jokowi-siapa-yang-hafal-pancasila
Presiden Joko Widodo (Jokowi) membagikan sepeda kepada masyarakat saat acara pemberian sertifikat tanah di Tarakan, Kalimantan Utara. (Sumber: Kompas TV/Ant/Laily Rachev)
Penulis : Ahmad Zuhad | Editor : Edy A. Putra

TARAKAN, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali membagi-bagikan sepeda saat mengunjungi Kota Tarakan, Kalimantan Utara untuk memberikan sertifikat tanah kepada masyarakat.

Dalam acara itu, Presiden Jokowi menyerahkan sebanyak 13.455 sertifikat hak atas tanah kepada masyarakat di Kota Tarakan dan Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara.

"Siapa yang hafal Pancasila?" tanya Presiden Jokowi di Gedung Tenis Tertutup Telaga Keramat, Tarakan pada Selasa (21/12/2021), dikutip dari Antara.

Lalu, seorang ibu asal Tarakan bernama Nursiah pun mengangkat tangannya. Jokowi pun mempersilakan Nursiah membacakan sila-sila dasar negara itu. Ternyata, Nusiah hafal dan lancar menyebutkan isi Pancasila.

Presiden Jokowi lalu melontarkan pertanyaa lain soal 5 nama pulau Indonesia dari total 17 ribu pulau.

Baca Juga: Ada Baliho Puan Maharani di Lokasi Bencana Gunung Semeru, Pengamat: Tak Berempati dengan Korban

Seorang warga lain bernama Muhammad Fadlan Syah asal Tarakan mengangkat tangan dan berusaha menjawab pertanyaan tersebut.

"Yang pertama Pulau Sebatik, yang kedua Pulau Tarakan, yang ketiga Pulau Jawa, yang keempat Pulau Sumatera, yang terakhir Pulau Sadau," ujar Fadlan.

Terakhir, Presiden Jokowi memberikan pertanyaan soal unsur-unsur protokol kesehatan 3M. Seorang ibu dari Tarakan bernama Rini Kumala mendapat kesempatan untuk menjawab pertanyaaan itu.

"Memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan," jawab Rini Nurmala.

Rini Nurmala pun mendapat sepeda dari Presiden Jokowi bersama dua warga Tarakan tadi.

Perlu diketahui, pembagian sertifikat secara tatap muka ini adalah pertama kalinya setelah hampir dua tahun pandemi. Acara ini menerapkan protokol kesehatan.

Warga yang menjawab pertanyaan Presiden Jokowi pun tidak naik ke panggung, melainkan hanya berdiri di tempatnya.

Kritik Pembagian Sertifikat Tanah



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x