Kompas TV nasional wawancara

Menlu AS Sebut Indonesia Mainkan Peran Penting di Tingkat Regional Maupun Dunia

Kompas.tv - 15 Desember 2021, 10:31 WIB
menlu-as-sebut-indonesia-mainkan-peran-penting-di-tingkat-regional-maupun-dunia
Menlu AS sebut, secara regional, Indonesia memainkan peran penting, termasuk di ASEAN, bahkan tahun depan Indonesia akan akan memainkan peran yang sangat penting. (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV – Secara regional, Indonesia memainkan peran penting, termasuk di ASEAN, bahkan tahun depan Indonesia akan memainkan peran yang sangat penting dengan mengemban kepemimpinan G20.

Hal itu disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony J Blinken dalam wawancara dengan Kompas TV.

Menurut Blinken, Presiden Amerika Serikat Joe Biden berkomitmen pada kemitraan strategis dengan Indonesia.  Kemitraan ini dilakukan beragam tingkat atau level yang berbeda.

“Hal-hal yang kami lakukan secara bilateral ataupun secara langsung bersama-sama, yang menurut saya, akan meningkatkan kehidupan masyarakat di kedua negara,” ujarnya menjelaskan.

Baca Juga: Menlu Amerika Serikat Antony Blinken ke Indonesia 13 Desember, Sampaikan Strategi AS di Indo-Pasifik

“Secara regional, Indonesia memainkan peran penting, termasuk di ASEAN dan bahkan secara global mengemban kepemimpinan di G20, 20 negara dengan tingkat ekonomi terbesar di dunia. Indonesia akan memainkan peran yang sangat-sangat penting tahun depan,” urainya.

Bagi Amerika Serikat, ini menegaskan kembali hubungan kedua negara yang sudah sangat kuat, termasuk memastikan bahwa di setiap tingkat, mulai dari Presiden, terhubung dalam bekerja sama.

Dia juga menyebut bahwa Jokowi dan Biden melakukan percakapan yang baik dan panjang saat keduanya bertemu di Glasgow, Pertemuan COP 26.

“Sebenarnya, durasi pertemuan itu dua kali lebih lama karena begitu banyak yang harus dibicarakan. Saya pikir itu bukti komitmen kami terhadap hubungan (Indonesia-AS).”

Saat ditanya mengenai pandangan Amerika Serikat tentang peran strategis yang dapat dilakukan oleh Indonesia, Blinken menyatakan dirinya telah bertemu dan berbicara dengan Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno L Marsudi dan Menteri Koordinator Maritim dan Innvestasi, Luhut B Panjaitan.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x