Kompas TV internasional kompas dunia

Menlu Amerika Serikat Antony Blinken ke Indonesia 13 Desember, Sampaikan Strategi AS di Indo-Pasifik

Selasa, 7 Desember 2021 | 02:05 WIB
menlu-amerika-serikat-antony-blinken-ke-indonesia-13-desember-sampaikan-strategi-as-di-indo-pasifik
Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken akan berkunjung ke Indonesia pada 13-14 Desember 2021 untuk sampaikan pidato kebijakan khususnya terkait strategi AS di Indo-Pasifik. (Sumber: Graeme Jennings/Pool via AP)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken akan berkunjung ke Indonesia pada 13-14 Desember 2021. Kedatangannya itu bertujuan menyampaikan kebijakan khususnya terkait strategi AS di Indo-Pasifik, yang berkaitan dengan sejumlah isu seperti kesehatan, kerja sama ekonomi dan investasi, infrastruktur, serta iklim.

“Ini akan mengawali interaksi tingkat tinggi yang semakin meningkat antara Indonesia dan Amerika Serikat dalam konteks kemitraan strategis kedua negara,” kata Direktur Jenderal Amerika dan Eropa Kementerian Luar Negeri RI Ngurah Swajaya kepada wartawan di Jakarta, seperti dilansir Antara, Senin (06/12/2021).

Selama kunjungan Blinken, kata Ngurah Swajaya, juga ada beberapa proyek kerja sama yang akan dikomunikasikan di antara kedua negara.

“Blinken akan pertama kali melakukan kunjungan ke Indonesia, sebelum melanjutkan lawatan ke negara ASEAN lainnya,” tutur Ngurah.

Berselang dua hari setelah lawatan Menlu Blinken, Perwakilan Dagang AS Katherine Tai juga akan melawat ke Jakarta untuk melakukan pertemuan terkait perdagangan dan investasi dengan Indonesia.

Menurut Ngurah, kunjungan beberapa perwakilan penting pemerintah Amerika Serikat ke Indonesia menunjukkan hubungan bilateral yang semakin erat.

Baca Juga: China Kecam Biden Undang Taiwan ke KTT Demokrasi: Kesalahan Besar

Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi saat berbicara kepada media di Washington, 3 Agustus 2021. Menlu AS Antony Blinken akan ke Indonesia pada 13-14 Desember 2021 untuk sampaikan pidato kebijakan khususnya terkait strategi AS di Indo-Pasifik. (Sumber: Straits Times)

Presiden Indonesia Joko Widodo selama ini selalu berpartisipasi dalam setiap inisiatif yang diselenggarakan oleh Presiden Amerika Serikat Joe Biden, di antaranya 2021 Leaders Summit on Climate April lalu dan Global Covid-19 Summit November kemarin.

Pada 9-10 Desember mendatang, Presiden Jokowi juga diundang untuk menghadiri Summit for Democracy yang diinisiasi pemerintah Amerika Serikat untuk mempertemukan para pemimpin, masyarakat sipil, dan sektor swasta untuk menetapkan agenda pembaruan demokrasi.

Summit for Democracy tersebut juga bertujuan mengatasi ancaman terbesar yang dihadapi demokrasi saat ini melalui aksi kolektif.

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

Sumber : Antara



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
21:08
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19