Kompas TV nasional peristiwa

Dokter RS Harapan Kita: Haji Lulung Alami Badai Irama Jantung Sebelum Wafat

Kompas.tv - 14 Desember 2021, 17:00 WIB
dokter-rs-harapan-kita-haji-lulung-alami-badai-irama-jantung-sebelum-wafat
Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan dan Eko Patrio menjenguk Haji Lulung. Pihak Rumah Sakit Harapan Kita memberikan obat penenang untuk Lulung agar lebih nyaman beristirahat. (Sumber: Partai Amanat Nasional)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kepala ICVCU RS Harapan Kita, Dafsah A Juzar yang menangani Abraham Lunggana atau lebih dikenal dengan Haji Lulung mengatakan, pasiennya tersebut sempat mengalami badai irama jantung sebelum meninggal dunia, Selasa (14/12/2021).

"Setelah empat hari perawatan timbul gangguan irama, badai irama yang awalnya bisa ditangani dengan obat anti irama," kata Dafsah kepada wartawan di RS Harapan Kita, Selasa. 

Namun, karena kondisi tidak kunjung membaik, ungkap Dafsah, pihak RS memutuskan mengambil alih pernafasan dan mengurangi beban kerja jantung dengan alat bantu. 

"Namun makin lama kami perlu istirahatin (jantung Haji Lulung), mengambil alih pernafasan, mengurangi beban kerja jantung dengan alat bantu, itu sempat perbaikan empat hari, tapi kemudian badai irama timbul kembali," jelasnya. 

Baca Juga: Ikut Salatkan Jenazah Haji Lulung, Anies: Jakarta Kehilangan Salah Satu Putra Betawi Terbaik

Ketika badai irama jantung tersebut tidak lagi bisa diatasi dengan obat-obatan, pihak dokter memutuskan untuk melakukan proses ablasi yang berisiko tinggi. 

Proses ablasi berlangsung selama tujuh jam, namun, kondisi Haji Lulung tidak kunjung membaik. 

"Keadaan fisiologisnya tidak kembali sejak penindakan," terang Dafsah.

Hingga akhirnya, jantung Haji Lulung yang mengalami badai irama jantung berhenti berfungsi.

Direktur Pelayanan Medik, Keperawatan, dan Penunjang Rumah Sakit Jantung Harapan Kita, dr. Dicky Fakhri mengatakan, sejak dirawat, kondisi jantung Haji Lulung kurang baik dan cenderung tidak stabil. 

"Keadaan naik dan turun. Naik itu maksudnya mencapai normal tidak, tapi ada keadaan sedikit membaik, tapi ada juga keadaan menurun," sambung dokter Dicky. 

Baca Juga: Haji Lulung Berpulang, Wagub DKI: Beliau Adalah Sosok yang Sangat Baik dan Bersahaja

Seperti diberitakan KOMPAS.TV sebelumnya, Haji Lulung meninggal dunia di RS Harapan Kita, Selasa (14/12) pukul 10.50 WIB. 

Sebelumnya, Haji Lulung mendapat perawatan intensif tim dokter RS Harapan Kita sejak 24 November 2021 setelah mengalami serangan jantung berulang karena patah kateter.

Haji Lulung sempat kritis dan menjalani perawatan ruang ICVCU (Intensive Cardiovascular Care Unit).
 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x