Kompas TV nasional politik

Menhan Prabowo Pesan 2 Unit Pesawat A400M dan Teken 4 Opsi Tambahan

Kompas.tv - 19 November 2021, 00:00 WIB
menhan-prabowo-pesan-2-unit-pesawat-a400m-dan-teken-4-opsi-tambahan
Kementerian Pertahanan (Kemenhan) memesan dua pesawat Airbus A400M yang memiliki konfigurasi multiperan tanker dan angkut. (Sumber: Airbus)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memesan dua pesawat pesawat Airbus A400M yang memiliki konfigurasi multiperan pesawat tanker dan pesawat angkut.

Kontrak pembelian pesawat ini akan efektif tahun 2022 ini akan menambah alat utama sistem senjata TNI AU. Pesawat ini juga dapat diturunkan dalam penanganan bencana seperti yang telah didemonstrasikan ketika bencana gempa bumi dan tsunami di tahun 2018.

"A400M adalah platform yang benar-benar multi-peran dan akan sangat meningkatkan kemampuan taktis udara-ke-udara AU Indonesia,” ujar Prabowo Subianto, dalam rilis di situs resmi Airbus, Kamis (18/11/2021).

Baca Juga: Menhan Prabowo Teken Kontrak Kerja Sama dengan Perusahaan Italia untuk Pengadaan Kapal Perang

Pemesanan dua pesawat Airbus A400M juga termasuk paket dukungan pemeliharaan dan pelatihan yang lengkap.

Selain itu, Indonesia juga menandatangani Letter of Intent (LOI) untuk akuisisi empat pesawat A400M tambahan di masa depan.

"Kami juga sedang mempertimbangkan pembelian A400M tambahan dalam waktu dekat, terutama dengan adanya perkembangan A400M di masa depan seperti kemampuan pemadam kebakaran yang sedang kami jajaki bersama Airbus," ujar Prabowo.

Chief Executive Officer Airbus Defence and Space Michael Schoellhorn menyatakan pesanan dua pesawat yang digagas pemerintah Indonesia akan memperluas kehadiran A400M di wilayah Asia-Pasifik. 

Baca Juga: Momen Prabowo dan Mahfud MD Menjadi Saksi Pelantikan Andika Perkasa jadi Panglima TNI

Menurut Schoellhorn, A400M menawarkan kemampuan yang dapat mendukung TNI AU. Seperti untuk mengirimkan kargo besar dan berat ke daerah terpencil dan melipatgandakan jangkauan kekuatan udara Indonesia berkat kemampuan pengisian bahan bakar di udara yang dapat diandalkan.

Schoellhorn juga menjelaskan A400m mampu beroperasi dari landasan pacu yang pendek dan kasar.

Hal ini pun membuat A400M akan meningkatkan kemampuan angkut TNI AU agar dapat dengan cepat menanggapi bencana. 

Baca Juga: TNI AU Kerahkan Hercules C-130 untuk Kirim Alat Kesehatan ke Sumatera Barat

A400M merupakan pesawat angkut besar pertama yang dapat mengirimkan kargo berat seperti truk bahan bakar dan ekskavator serta makanan, pakaian, dan perlengkapan medis langsung ke Palu, Sulawesi Tengah yang pada waktu itu landasan pacunya pendek dan rusak.

Pesawat A400M dapat mengangkut beban berat dan besar lintas jarak strategis, mengirimkan kargo ke lokasi taktis, sembari menawarkan kemampuan pengisian bahan bakar di udara.

Dengan kemampuannya untuk terbang tinggi atau rendah pada kecepatan yang luar biasa, pesawat A400M adalah pesawat yang ideal untuk pengisian bahan bakar pesawat tempur dan pesawat besar lainnya dengan menggunakan dua pod pengisian bahan bakar di bawah sayapnya.

Kemampuan pengisian bahan bakar di udara yang tertanam di pesawat ini memungkinkan rekonfigurasi cepat A400M sebagai pesawat tanker, membuatnya mudah beradaptasi dengan skenario dan misi operasional yang dinamis. 

Baca Juga: Megawati, Puan, dan Prabowo Bertemu di Istana, Ini yang Dibicarakan

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x