Kompas TV nasional politik

Menhan Prabowo Teken Kontrak Kerja Sama dengan Perusahaan Italia untuk Pengadaan Kapal Perang

Kompas.tv - 11 Juni 2021, 16:44 WIB
menhan-prabowo-teken-kontrak-kerja-sama-dengan-perusahaan-italia-untuk-pengadaan-kapal-perang
KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa mendampingi Menhan Prabowo Subianto saat kunker ke Akmil Magelang, Jawa Tengah, Jumat (3/7/2020). (Sumber: Dok. TNI AD)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV – Perusahaan pembuat kapal asal Italia, Fincantieri mengumumkan telah menandatangani kontrak kerja sama dengan Kementerian Pertahanan (Kemenhan) Republik Indonesia untuk pengadaan kapal perang jenis fregat.

Informasi dari webside resmi Fincantieri disebutkan kesepakatan kontrak Fincantieri akan menyuplai enam fregat kelas FREMM, dua fregat kelas Maestrale, modernisasi serta dukungan logistik terkait.

“Fincantieri akan menjadi kontraktor utama untuk keseluruhan program," tulis keterangan Fincantieri yang dikutip dari website resminya, Jumat (11/6/2021).

Baca Juga: Menhan Tegaskan Pembelian Alutsista Mendesak Dilakukan

Fincantieri mengklaim, kesepakatan ini sangat penting untuk memperkuat kerja sama antara dua negara di kawasan strategis Pasifik.

Selain itu, pembuatan fregat dianggap tidak hanya berdampak signifikan untuk galangan kapal Italia di masa mendatang, tetapi juga untuk perusahaan lain di sektor yang sama, misalnya Leonardo.

Bahkan, Fincantieri tidak menutup kemungkinan akan menjalin kerja sama dengan PT PAL (Persero), sebuah perusahaan berpelat merah yang bermarkas di Surabaya, Jawa Timur.

Adapun dua fregat bekas kelas Maestrale akan mulai dikerjakan Fincantieri setelah Angkatan Laut (AL) Italia menghentikan operasional kapal tersebut.

Baca Juga: Inspeksi Kapal Perang TNI AL Jelang Pergantian Pangkoarmada II Surabaya

"Modernisasi dua kapal kelas Maestrale, yang akan diperoleh Fincantieri dari Angkatan Laut Italia setelah dinonaktifkan, juga akan dilakukan di Italia," demikian keterangan Fincantieri.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x