Kompas TV nasional politik

Fraksi PSI Soroti Kesenjangan Kepulauan Seribu dengan Daratan Jakarta, Tagih Keberpihakan Anies

Kompas.tv - 17 November 2021, 10:49 WIB
fraksi-psi-soroti-kesenjangan-kepulauan-seribu-dengan-daratan-jakarta-tagih-keberpihakan-anies
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mendapatkan Gelar Kehormatan Toko Betawi, Minggu (31/10/2021). (Sumber: Dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Fraksi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) DPRD DKI Jakarta menyoroti kesenjangan antara Kabupaten Kepulauan Seribu dan wilayah daratan di Jakarta yang masih tinggi selama kepemimpinan Anies Baswedan. 

Wakil Ketua Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta Justin Adrian mengatakan, saat ini angka kemiskinan warga di Kepulauan Seribu masih jauh dari rata-rata angka kemiskinan di daratan Jakarta. 

"Kabupaten Kepulauan Seribu saat ini masih sangat tertinggal dari wilayah lain di DKI Jakarta. Angka kemiskinan tahun 2020 masih di angka 14,87 persen, jauh dari angka kemiskinan rata-rata DKI Jakarta sebesar 4,53 persen," kata Justin dalam keterangan tertulis, dikutip Rabu (17/11/2021).

Menurut Justin, kesejahteraan warga Kepulauan Seribu sering terabaikan dalam pembangunan, salah satunya seperti fasilitas kesehatan. Warga Kepulauan Seribu hanya memiliki satu fasilitas kesehatan bertipe kelas C. 

Baca Juga: 3 Sorotan Fraksi PDIP DPRD DKI Soal Kinerja Anies yang Belum Terealisasi

Kepulauan Seribu juga merupakan satu-satunya wilayah DKI Jakarta yang belum memiliki Pusat Pelatihan Kerja Daerah (PPKD) sebagai solusi masalah pengangguran.

"Kita juga bisa melihat bahwa belum ada upaya serius mengatasi keterbatasan hunian dengan pembangunan rumah susun dan menambah lahan pemakaman yang menjadi kebutuhan warga di sana," ujar dia.

Justin menagih keberpihakan Anies kepada warga Kepulauan Seribu untuk serius mengatasi masalah ketimpangan ini. Ia meminta agar masalah ini menjadi perhatian Pemprov DKI Jakarta untuk meningkatkan kesejahteraan warga Kepulauan Seribu. 

"PSI menagih keberpihakan yang sudah dijanjikan Pak Anies untuk warga Kepulauan Seribu. Jangan sampai di akhir masa jabatan beliau belum ada pembangunan dan perbaikan kesejahteraan di Kepulauan Seribu," kata Justin.
 

Baca Juga: Ketika Sejumlah Fraksi DPRD Minta Pemprov DKI Evaluasi Program Sumur Resapan di Jakarta

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x