Kompas TV nasional hukum

Kapolri Listyo Sigit: Kepala Korps Brimob akan Dijabat Jenderal Bintang 3, Wakilnya Bintang 2

Kompas.tv - 14 November 2021, 23:35 WIB
kapolri-listyo-sigit-kepala-korps-brimob-akan-dijabat-jenderal-bintang-3-wakilnya-bintang-2
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo memimpin upacara HUT ke-76 Brimob di Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, Minggu (14/11/2021). (Sumber: ANTARA/Laily Rahmawaty)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Fadhilah

DEPOK, KOMPAS.TV - Polri tengah melakukan restrukturisasi Korps Brigade Mobil alias Brimob dalam rangka pengembangan organisasi.

Selain itu, restrukturisasi di tubuh Brimob juga dilakukan untuk meningkatkan kapasitas guna menghadapi tantangan tugas yang semakin kompleks dan berat.

Baca Juga: Kapolri Listyo Sigit: Saya Pastikan Masuk Polisi Tidak Ada yang Bayar

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengungkapkan, tugas dan tantangan yang dihadapi jajarannya seperti penanggulangan pandemi Covid-19.

Kemudian, masalah keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) dalam penyelenggaraan acara-acara tingkat nasional maupun internasional, penanggulangan bencana alam, dan rangkaian kegiatan politik pada 2024.

Kapolri menuturkan, dalam melakukan restrukturisasi, pihaknya akan menambah pasukan Brimob di Indonesia Barat, Tengah, dan Timur. Selain itu, juga di Ibu Kota Negara.

"Pengembangan organisasi (restrukturisasi) untuk menghadapi tantangan-tantangan tersebut dengan membangun tambahan pasukan Brimob di Indonesia barat, Indonesia tengah, Indonesia timur, dan Ibu Kota Negara,” kata Sigit dalam kegiatan HUT ke-75 Brimob di Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, Minggu (14/11/2021).

Baca Juga: Pengakuan Polisi Aipda A, Laporkan Rekannya Curi Onderdil Kendaraan Dinas Malah Dimutasi

Listyo Sigit menjelaskan, penambahan pasukan Brimob diperlukan guna menanggulangi situasi kamtibmas ketika ekskalasinya meningkat.

“Pada saat terjadi situasi kamtibmas yang eskalasi meningkat, maka personel-personel Brimob Polri bisa lebih cepat untuk melakukan langkah-langkah di lapangan," ucap Sigit. 

Dengan adanya pengembangan organisasi tersebut, Sigit mengungkapkan, nantinya Kepala Korps Brimob (Kakorbrimob) akan dipimpin oleh jenderal bintang tiga.

Kemudian wakilnya (Wadankorpbrimob) jenderal bintang dua, dan delapan organisasi di bawahnya dipimpin oleh jenderal bintang satu.

Baca Juga: Pengakuan Istri Tersangka Narkoba: Selain Dicabuli Polisi, Hartanya Dikuasai dan Dimintai Rp150 Juta



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x