Kompas TV nasional peristiwa

Jokowi Cerita Pengalaman Jajal Mandalika: Rupanya Begini yang Disebut Sirkuit Balapan

Kompas.tv - 13 November 2021, 09:04 WIB
jokowi-cerita-pengalaman-jajal-mandalika-rupanya-begini-yang-disebut-sirkuit-balapan
Presiden Jokowi saat mencoba Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. (Sumber: Kompas TV/Ant/HO-Setpres)
Penulis : Hedi Basri | Editor : Gading Persada

LOMBOK, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menceritakan sekilas soal pengalamannya menjajali Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) dengan motor customnya.

Dalam cerita yang diunggah di akun Twitter pribadinnya, Jokowi tampak terkejut dengan tikungan-tikungan tajam di Sirkuit Mandalika yang memiliki lintasan sepanjang 4,3 kilometer tersebut. 

Kata mantan Wali Kota Solo itu, tikungan-tikungan tajam itu mungkin menjadi hal biasa bagi para pebalap profesional, tetapi tidak demikian untuk dirinya. 

Kendati Sirkuit Mandalika sempat diguyur hujan, lanjut Jokowi, tetapi ia tetap turun dan menjajalnya dengan sepeda motor custom bergaya klasik.

"Rupanya begini yang disebut sirkuit balapan itu. Tikungan-tikungannya tajam sekali. Ada 17 tikungan. Kalau untuk pebalap mungkin enggak ada masalah, tapi saya?" tulis Presiden Jokowi dalam akun Twitternya.

Baca Juga: Usai Jajal Sirkuit Mandalika, Jokowi Tantang Sean Galael di Formula E Jakarta 

Tak hanya menceritakan pengalamannya, Jokowi juga mengatakan bahwa Sirkuit Mandalika siap menggalar ajang-ajang balap kelas dunia. 

Terdekat, Sirkuit Mandalika akan menjadi venue penyelenggaraan World Super Bike (WSBK) pada 19-21 November 2021 dan MotoGP pada Maret 2022. 

"Ajang-ajang balap kelas dunia kini siap digelar di Sirkuit Mandalika yang hari ini saya resmikan di Lombok Tengah, NTB. Sirkuit sepanjang 4,3 km ini berlapiskan teknologi aspal terbaru." 

"Sebentar lagi, di sirkuit ini digelar World Superbike 2021 dan MotoGP pada Maret 2022," terang Jokowi usai meresmikan Sirkuit Mandalika. 

Pada saat bersamaan, mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga meresmikan jalan bypass sepanjang 17,3 kilometer yang menghubungkan Bandara Internasional Lombok dengan KEK Mandalika. 

"Bersamaan dengan Sirkuit Mandalika, saya juga meresmikan jalan by pass sepanjang 17,3 kilometer yang menghubungkan Bandara Internasional Lombok dengan KEK Mandalika." 

"Dengan jalan baru ini, waktu tempuh dari bandara ke Mandalika hanya 15 menit saja," pungkas Jokowi.

Baca Juga: Tak Bahas Insiden “Unboxing”, Ducati Kirim Pesan Cinta dan Sebut Tak Sabar Jajal Sirkuit Mandalika

Diberitakan KOMPAS.TV sebelumnya, Jokowi resmi membuka Sirkuit Mandalika pada Jumat (12/11) kemarin.

Tak hanya meresmikan, Jokowi juga sekaligus mengaspal secara langsung di lintasan berstandar internasional itu. 

Dalam sebuah tayangan yang diunggah kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jokowi menunggangi kuda besinya yang bertuliskan 'RI-1'.

Nampak dalam tayangan itu, Jokowi melaju dengan dipandu bendera strat-finish oleh Menteri BUMN Erick Thohir.  

Baca Juga: Mengintip Motor Jokowi yang Siap Mengaspal di Mandalika, Bergaya Balap Klasik



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x