Kompas TV nasional hukum

Polri Siapkan Antisipasi Bencana Alam Lewat Operasi Aman Nusa II, Apa Itu?

Kompas.tv - 11 November 2021, 12:23 WIB
polri-siapkan-antisipasi-bencana-alam-lewat-operasi-aman-nusa-ii-apa-itu
Karo Penmas Humas Polri Brigjen Pol Rusdi Hartono. (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Baitur Rohman | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV -  Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) menyiapkan operasi 'Aman Nusa II' dalam rangka antisipasi dan penanggulangan bencana alam di Tanah Air.

Operasi Aman Nusa II adalah kegiatan rutin yang dilakukan Polri ketika menjelang perubahan iklim. Dari musim kemarau ke hujan yang cenderung banyak menimbulkan bencana alam seperti banjir dan longsor.

Dalam operasi ini, Polri menyiapkan personel yang siap dikerahkan hingga peralatan yang dibutuhkan dalam penanggulangan bencana, seperti tenda, logistik, dan kendaraan operasional,

"Jadi tinggal dilaksanakan, sekarang sudah mulai antisipasi wilayah-wilayah beberapa yang dikeluarkan kekuatannya, terus peralatannya apa itu sudah dipersiapkan dari sekarang, tinggal ada bencana Polri kerahkan semua sumber daya yang dimiliki," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Pol Rusdi Hartono, dikutip dari Antara, Kamis (11/11/2021).

Baca juga: BMKG: Peringatan Untuk 28 Wilayah Berpotensi Tinggi Bencana Hidrometeorologi | LAPORAN KHUSUS

Operasi Aman Nusa II ini telah disiapkan Polri sejak 2020 dan dilaksanakan dari tingkat pusat hingga jajaran di wilayah dalam.

Menurut dia, bila terjadi bencana di sebuah wilayah personel Polri akan datang ke lokasi, memberikan pertolongan kepada korban bencana, mendirikan tempat pengungsian jika diperlukan, serta distribusi logistik.

"Tentunya dalam hal ini Polri tidak sendirian, kami berkoordinasi dengan pemerintah daerah, TNI tentunya," ujarnya.

Baca juga: Kepala BMKG Berbagi Cerita Dinamika Cuaca Ekstrem Indonesia di COP26 Glasgow

Selain penanggulangan bencana, lanjut Rusdi, Polri juga melakukan kegiatan pencegahan, dengan mengingatkan mitigasi kepada masyarakat tentang antisipasi bencana.

"Kalau pencegahan dari awal sudah, tidak hanya Polri saja, BMKG sudah mengingatkan beberapa wilayah antisipasi curah hujan tinggi karena fenomena La Nina," ucap jenderal bintang satu ini.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x