Kompas TV nasional peristiwa

Kadispora DKI Jawab Isu Pinjam Dana Rp180 Miliar untuk Commitment Fee Formula E

Kompas.tv - 9 November 2021, 11:58 WIB
kadispora-dki-jawab-isu-pinjam-dana-rp180-miliar-untuk-commitment-fee-formula-e
Ajang Balap Formula E (Sumber: FIA Formula E)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi DKI Jakarta Achmad Firdaus menjawab isu mengenai pinjaman uang ke Bank DKI untuk bayar commitment fee Formula E. 

Achmad Firdaus membenarkan bahwa untuk membayar biaya commitment fee Formula E termin pertama pada Oktober 2019 lalu, pihaknya melakukan pinjaman jangka pendek kepada Bank DKI. 

"Pembayaran termin 1 commitment fee Rp180 miliar pada Oktober 2019 melalui pinjaman jangka pendek Bank DKI yang dilakukan sesuai dengan peraturan yang berlaku," ujar Achmad Firdaus melalui siaran persnya, Selasa (9/11/2021).

Ia mengatakan, pinjaman tersebut sudah sudah dilunasi melalui pencairan DPPA Dispora DKI pada Desember 2019. 

"Pinjaman tersebut telah dilunasi melalui pencairan DPPA Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) DKI Jakarta pada Desember 2019," katanya. 

Baca Juga: Ketua DPRD DKI Curiga Jakpro Pinjam Rp 2,8 Triliun untuk Formula E, Ini Jawaban Pemprov

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa setelah ditunjuk oleh Formula E Operation (FEO) untuk menjadi tuan rumah Formula E ke-7 tahun 2020 lalu, Pemprov DKI memang wajib membayar commitment fee paling lambat satu tahun sebelum pelaksanaan yakni pada 2019. 

Ia menegaskan, bahwa pembayaran uang commitment fee untuk Formula E di Jakarta sudah sesuai dengan prosedur dan regulasi yang berlaku dan melalui persetujuan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta.

"Alokasi pembayaran seluruh commitment fee telah melalui pembahasan dengan DPRD DKI Jakarta dan telah disetujui alokasinya pada Dokumen Pelaksanaan Perubahan Anggaran (DPPA) 2019," kata Achmad Firdaus. 

Baca Juga: Soal Pemprov Pinjam Uang ke Bank DKI untuk Commitment Fee Formula E, Wagub DKI: Saya Baru Dengar

Sebelumnya beredar surat kuasa dengan Nomor 747/-072.26 yang ditandatangani oleh Kepala Dispora DKI Jakarta dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di atas meterai tempel Rp6.000 pada 21 Agustus 2021. 

Surat tersebut membahas mengenai peminjaman uang pembayaran commitment fee kegiatan Formula E ke Bank DKI.

Sehari kemudian, pada 22 Agustus 2019, Dispora meminjam ke Bank DKI sebesar 10 juta poundsterling atau Rp180 miliar untuk membayar termin pertama commitment fee acara Formula E yang akan dilaksanakan tahun 2020.

 Adapun isi surat itu sebagai berikut:

1. Surat permohonan pinjaman daerah dari Pemprov DKI Jakarta kepada PT Bank DKI dalam rangka penyelenggaraan Formula E;

2. Perjanjian pinjaman daerah antara Pemprov DKI Jakarta dan PT Bank DKI dalam rangka penyelenggaraan Formula E;

3. Surat permohonan pencairan pinjaman daerah antara Pemprov DKI Jakarta dan PT Bank DKI untuk penyelenggaraan Formula E.

Baca Juga: Anies Berikan Surat Kuasa Dispora DKI untuk Pinjam Uang ke Bank DKI Talangi Commitment Fee Formula E

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x