Kompas TV nasional peristiwa

Sejumlah Daerah Berpotensi Banjir di November, Jutaan Jiwa Bisa Terdampak

Kompas.tv - 8 November 2021, 21:47 WIB
sejumlah-daerah-berpotensi-banjir-di-november-jutaan-jiwa-bisa-terdampak
Ilustrasi. Sejumlah provinsi di Indonesia memiliki kabupaten/kota dengan potensi bencana banjir kategori sedang hingga tinggi pada bulan November 2021. (Sumber: BNPB)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Sejumlah provinsi di Indonesia memiliki kabupaten/kota dengan potensi bencana banjir kategori sedang hingga tinggi pada bulan November 2021.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Abdul Muhari menyatakan, hal itu diketahui berdasarkan analisis kementerian dan lembaga terkait.

“Berdasarkan analisis dari kementerian dan lembaga terkait, beberapa wilayah berada pada potensi bencana banjir kategori sedang hingga tinggi di bulan November ini,” jelasnya melalui keterangan tertulis, Senin (8/11/2021).

Baca Juga: Data BNPB: Pekan Pertama November Terjadi 32 Banjir dengan 9 Korban Meninggal

Dia menjelaskan, wilayah provinsi dengan beberapa kabupaten yang berada pada potensi tinggi antara lain di Provinsi Aceh, Sumatra Utara, Riau, Kepulauan Riau, Sumatra Barat, Jambi, Bengkulu, Sumatra Selatan, dan Lampung.

Selanjutnya, Provinsi Jawa Barat, Kalimantan Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Papua Barat dan Papua.

Detail wilayah kabupaten dan kota yang berpotensi bahaya banjir sedang hingga tinggi dapat dilihat pada tautan ini.

Jumlah warga yang berpotensi terpapar bahaya banjir tersebut mencapai 100,81 juta jiwa yang tersebar di seluruh Indonesia.

Selain potensi bahaya banjir, dia juga menjelaskan adanya sejumlah kabupaten/kota yang teridentifikasi berpotensi terjadi tanah longsor.

“Sementara itu, beberapa kabupaten dan kota di seluruh provinsi teridentifikasi memiliki potensi bahaya tanah longsor.”

Baca Juga: Banjir Bandang Kembali Terjadi Di Gorontalo

Daerah-daerah tersebut antara lain di Provinsi Sumatra Barat, yaitu Agam, Dharmasraya, Kepulauan Mentawai, Bukit Tinggi, Kota Padang, Padang Panjang, Pariaman, Sawah Lunto, Solok, Limapuluh Kota, Padang Pariaman, Pasaman, Pasaman Barat, Pesisir Selatan, Sijunjung, Solok Selatan dan Tanah Datar. 

Wilayah kabupaten dan kota yang berpotensi terjadi bahaya tanah longsor sedang hingga tinggi dapat dilihat pada tautan ini.

“Potensi bahaya tanah longsor yang teridentifikasi di 33 provinsi dengan potensi populasi terpapar mencapai 14 juta jiwa.”

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x