Kompas TV nasional sosial

Mengenal Macam Makhluk Gaib di Indonesia yang Dipercaya Dapat Beri Kekayaan

Kompas.tv - 12 Oktober 2021, 03:35 WIB
mengenal-macam-makhluk-gaib-di-indonesia-yang-dipercaya-dapat-beri-kekayaan
Ilustrasi tuyul, makhluk gaib yang dipercaya masyarakat Indonesia sebagai pencuri uang seseorang. (Sumber: Tribunnews.com/Ist)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kepercayaan terhadap makhluk gaib yang dapat dimanfaatkan untuk menambah harta kekayaan sudah begitu menjamur di dalam kehidupan masyarakat Indonesia.

Mulai dari kepercayaan pada tuyul, setan gundul, Nyai Blorong, Rajha Komantan, Putri Babi, babi ngepet, nyegik, ngetek, ngipri, ngecit, popok wewe, dan masih banyak lagi.

Tak dapat dipungkiri, hampir di setiap daerah pasti memiliki kepercayaan masing-masing terkait makhluk-makhluk gaib tersebut.

Lebih jelasnya, berikut KOMPAS TV telah rangkumkan penjelasan mengenai makhluk-makhluk gaib itu, berdasarakn informsai yang dikutip dari Intisari Online.

Baca Juga: Aksi Penipuan Seorang Kakek di Sultra, Mengaku Bisa Gandakan Uang dengan Cara Gaib

1. Tuyul atau Setan Gundul

Di beberapa tempat, tuyul maupun setan gundul sering kali disebut bujang angkruk atau intbuk.

Semuanya memilik maksud yang sama, yakni makhluk halus berwujud anak kecil dan bisa mencuri uang atau barang milik orang lain untuk tuannya.

Biasanya yang menjadi tuan dari tuyul atau setan gundul adalah seorang wanita. Sebab, mereka gemar disusui sebagaimana lazimnya anak kecil.

2. Nyai Blorong

Sering digambarkan mirip ikan duyung, Nyai Blorong umumnya memiliki ikatan kontrak dengan manusia yang ingin berlimpah kekayaan dengan mudah.

Setelah keinginannya terpenuhi, manusia tadi mesti rela menjadi milik Nyai Blorong untuk kemudian tubuhnya dijadikan sebagai bagian dari istana di bawah laut.

3. Putri Babi

Seperti Nyai Blorong, Putri Babi juga sejenis makhluk halus yang dipercaya selalu bersedia memberi kekayaan pada orang yang meminta pertolongannya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x