Kompas TV nasional hukum

Detik-detik Azis Syamsuddin Digelandang ke KPK, Sempat Tak Penuhi Panggilan dengan Dalih Isoman

Kompas.tv - 25 September 2021, 05:55 WIB
detik-detik-azis-syamsuddin-digelandang-ke-kpk-sempat-tak-penuhi-panggilan-dengan-dalih-isoman
Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Azis Syamsuddin saat tiba di Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Jakarta, Jumat malam (24/9/2021). (Sumber: Tangkapan layar YouTube Kompas TV)
Penulis : Hedi Basri | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Azis Syamsuddin sebagai tersangka dugaan kasus suap, pada Sabtu dini hari tadi (25/9/2021).

Azis diduga terlibat kasus suap pengurusan perkara di Lampung Tengah. Saat ini, politikus partai Golkar itu ditahan oleh KPK untuk 20 hari kedepan.

Azis dijemput paksa oleh penyidik KPK pada Jumat malam (24/9) di rumahnya kawasan Jakarta Selatan.

Baca Juga: Profil Azis Syamsuddin, Politisi Partai Golkar yang Jadi Tersangka Kasus Suap

Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri mengatakan, sebelum digelandang ke KPK, tim penyidik lembaga antirasuah itu yang dipimpin langsung oleh Direktur Penyidikan mendatangi langsung kediaman Azis Syamsuddin.

Hal tersebut dilakukan untuk mengonfirmasi pengakuan Azis Syamsuddin yang mengatakan tidak bisa hadir karena tengah isolasi mandiri (isoman).

“Tim KPK langsung dipimpin Direktur Penyidikan tadi ke lapangan ya untuk memastikan bahwa saudara AZ (Azis Syamsuddin) ini dalam keadaan baik dan sehat dan tidak sebagaimana surat yang diajukan bahwa dia sedang menjalani isolasi mandiri karena berinteraksi langsung dengan pihak yang positif virus Covid-19,” jelas Ali Fikri dalam 'Sapa Malam Indonesia' di Kompas TV, Jumat (24/9).

Jadi, Azis Syamsuddin sempat tak memenuhi panggilan KPK dengan alasan sedang menjalani isolasi mandiri akibat kontak erat dengan seseorang yang terpapar Covid-19.

Maka untuk memastikannya, tim penyidik KPK mendatangi kediaman Azis Syamsuddin untuk tes antigen. Hasilnya, politisi Partai Golkar itu nonreaktif Covid-19.

Azis tiba di Gedung KPK sekitar pukul 20.10. Ia tak merespons pertanyaan wartawan dan langsung masuk ke Gedung KPK untuk menjalani pemeriksaan.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x