Kompas TV nasional kesehatan

Kemenkes Optimistis Target Vaksinasi 2,3 Juta Dosis per Hari Tercapai Bulan Ini

Kompas.tv - 2 September 2021, 12:17 WIB
kemenkes-optimistis-target-vaksinasi-2-3-juta-dosis-per-hari-tercapai-bulan-ini
Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono  (Sumber: Dok. Sekretariat Kabinet RI)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) optimis target 2,3 juta dosis vaksinasi Covid-19 harian di bulan September, baik untuk suntikan dosis 1 dan 2 dapat terealisasi. 

Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono mengungkapkan hal ini seiring terus bertambahnya jumlah vaksin Covid-19 yang dimiliki Indonesia. 

Dia menyebut selama bulan Agustus pihaknya telah menerima tambahan vaksin sebanyak 43 juta dosis. Di mana rata-rata sebanyak 8-15 juta dosis vaksin telah distribusikan ke daerah-daerah.

Tak hanya itu, pemerintah, lanjut Dante juga sudah berhasil meningkatkan laju suntikan vaksin Covid-19 menjadi 10 juta per 10 hari sejak Agustus 2021.

"Dengan distribusi vaksin sebesar 15,2 juta (dosis) di pekan ke-4 Agustus dan 20,3 juta (dosis) di pekan ke-5 Agustus hingga awal September ini, kami optimis target 2,3 juta dosis per hari yang tadi saya sampaikan akan dapat tercapai,” kata Dante dalam konferensi pers secara virtual yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (2/9/2021).

Pada kesempatan itu, Dante juga mengeklaim percepatan vaksinasi berhasil dilakukan dalam 2 bulan terakhir.

Baca Juga: Indonesia Kembali Kedatangan Hampir 1,2 Juta Dosis Vaksin Pfizer

"Sejak vaksinasi pertama pada 13 Januari lalu, cakupan vaksinasi telah mencapai 50 juta dosis di bulan Juli atau dalam waktu 26 minggu," ujarnya. 

Kemudian di akhir Agustus, kata Dante, Indonesia telah berhasil mencapai 50 juta dosis kedua atau hanya kurang lebih enam minggu sejak 50 juta dosis vaksinasi pertama.

“Jadi percepatan vaksinasi sudah sedemikian rupa, sehingga kita makin lama makin punya pengalaman untuk melaksanakan vaksinasi ini lebih cepat,” kata dia. 

Kendati demikian, dia menekankan percepatan laju vaksinasi tersebut akan dapat terwujud dengan dukungan dari seluruh elemen bangsa.

“Diperlukan dukungan seluruh elemen masyarakat, pemerintah, dan dinas kesehatan daerah, TNI, Polri, organisasi masyarakat, dan swasta untuk terus dapat mempercepat laju vaksinasi,” ucapnya

Dante juga meminta masyarakat untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan 5M, yakni mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

Baca Juga: Jelang PON XX 2021, 4 Klaster di Papua Capai Rata-rata Vaksinasi 49,25 Persen



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x