Kompas TV nasional update

Indonesia Kembali Kedatangan Hampir 1,2 Juta Dosis Vaksin Pfizer

Kompas.tv - 2 September 2021, 10:48 WIB
indonesia-kembali-kedatangan-hampir-1-2-juta-dosis-vaksin-pfizer
Ilustrasi vaksin Covid-19 Pfizer berbasis mRNA. Kini vaksin Pfizer dapat disimpan di suhu kulkas biasa. FDA telah izinkan penggunaan vaksin mRNA ini pada anak-anak usia 12 tahun hingga 15 tahun. (Sumber: SHUTTERSTOCK/ lupmotion)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah kembali mendatangkan vaksin Covid-19 produksi perusahaan farmasi Amerika Serikat, Pfizer pada hari ini, Kamis (2/9/2021). 

Wakil Menteri Kesehatan RI Dante Saksono menyebut, vaksin Covid-19 tahap ke-47 yang tiba di Bandara Soekarno-Hatta ini sebanyak 1.195.340 dosis.

"Hari ini kita kedatangan hampir 1,2 juta dosis vaksin dari Pfizer dalam bentuk jadi. Kira-kira jumlah persisnya adalah 1.195.340 dosis vaksin," kata Dante dalam keterangan pers secara virtual yang disiarkan melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (2/9/2021).

Dante menyebut dengan vaksin Pfizer kali ini,  membuat suplai vaksin Covid-19 di Indonesia menjadi sekitar 220 juta dosis, baik dalam bentuk jadi maupun bulk atau bahan baku

Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa pemerintah mendapatkan komitmen 54,6 juta dosis vaksin Pfizer.

"Dengan kedatangan yang sudah diterima sekitar 1,5 juta dan ini adalah kedatangan kedua sekitar 1,2 juta dosis," ungkapnya. 

Pemerintah, kata dia, terus meningkatkan kecepatan laju vaksinasi di Tanah Air.

Baca Juga: MUI Izinkan Penggunaan Vaksin Pfizer dan AstraZeneca, Ini Alasannya

Dia menyampaikan sejak vaksinasi pertama pada 13 Januari lalu, cakupan vaksinasi telah mencapai 50 juta dosis di bulan Juli atau dalam waktu 26 minggu.

Kemudian, di akhir Agustus Indonesia telah berhasil mencapai 50 juta kedua atau hanya kurang lebih enam minggu sejak 50 juta vaksinasi pertama.

“Jadi percepatan vaksinasi sudah sedemikian rupa, sehingga kita makin lama makin punya pengalaman untuk melaksanakan vaksinasi ini lebih cepat,” ujarnya.

"Kita targetkan dalam bulan September ke depan kita bisa mencapai 2,3 juta dosis suntikan per hari," sambung Wamenkes. 

Seperti diketahui, vaksin Pfizer bakal dialokasikan untuk program vaksinasi nasional yang menargetkan sekitar 208,27 juta penduduk.

Vaksin ini juga telah mendapat izin untuk bisa digunakan pada anak usia 12 tahun ke atas dan ibu hamil.

Baca Juga: Hari Ini Presiden Jokowi di Lampung akan Resmikan Bendungan Way Sekampung dan Cek Vaksinasi



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x