Kompas TV regional berita daerah

Hari Ini Presiden Jokowi di Lampung akan Resmikan Bendungan Way Sekampung dan Cek Vaksinasi

Kompas.tv - 2 September 2021, 05:15 WIB
hari-ini-presiden-jokowi-di-lampung-akan-resmikan-bendungan-way-sekampung-dan-cek-vaksinasi
Bendungan Way Sekampung di Kabupaten Pringsewu. (Sumber: Kompas.tv/Ant/HO-Humas Kementerian PUPR)
Penulis : Gading Persada | Editor : Fadhilah

LAMPUNG, KOMPAS.TV- Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini, Kamis (2/9/2021) diagandekan melakukan kunjungan kerja (kerja) di Provinsi Lampung.

Salah satu agenda utama yakni meresmikan Proyek Bendungan Way Sekampung yang berada di Kabupaten Pringsewu, Lampung berkapasitas 68,06 juta meter kubik.

"Proyek Bendungan Way Sekampung ini memakan waktu sekitar lima tahun pembangunan dimulai sejak tahun 2016 lalu," ujar Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Mesuji Sekampung, Alexander Leda, Rabu (1/9/2021) melansir Antara.

Baca Juga: Pemkot Bandar Lampung Tanggapi Teguran Mendagri Terkait Insentif Tenaga Kesehatan

Menurutnya, dengan kapasitas tampung total bendungan tersebut mencapai 68,09 juta meter kubik serta luas genangan 800 hektare. Pelaksanaan pembangunan fisik telah 100 persen tercapai.

"Secara umum sudah terbangun 100 persen, tinggal beberapa pekerjaan penunjang saja yang akan dikerjakan setelah peresmian," ucapnya.

Dengan tinggi bendungan 47 meter panjang 365 meter Bendungan Way Sekampung masuk dalam skema pengelolaan sungai Way Sekampung.

"Bendungan ini terintegrasi dari Bendungan Batutegi lalu mengalir ke Bendung Agroguruh, hingga ke Bendungan Margatiga yang juga terkoneksi dengan beberapa sungai seperti Way Merabung, Way Bulak. Jadi ini dalam satu sistem yang tujuannya membantu pemenuhan kebutuhan air dan mendukung infrastruktur sumber daya air," katanya.

Baca Juga: Lima Kabupaten di Provinsi Lampung Melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka Secara Terbatas

Berdasarkan data Kementerian PUPR biaya yang telah dikeluarkan untuk pembangunan Bendungan Way Sekampung tersebut berkisar Rp2,07 triliun. Waktu pembangunan mencapai lima tahun.

Selain meresmikan bendungan Way Sekampung, Presiden Jokowi di Lampung juga akan mengunjungi sejumlah tempat pelaksanaan vaksinasi untuk masyarakat daerah ini.

"Kami telah menyiapkan kurang lebih 3.000 dosis untuk pelaksanaan vaksinasi di Poltekkes Lampung, SMAN 2 Bandarlampung, dan SMPN 1 Gedong Tataan," sambung Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung.

Selain itu, Reihana menambahkan, pihaknya juga telah menyiapkan tenaga kesehatan dan mini ICU di 6 titik.

Baca Juga: Presiden Jokowidodo Dijadwalkan Akan Kunjugi Lampung, Sejumlah Perisapan Mulai Dilakukan

"Kami sudah siapkan lokasi yang akan jadi tempat vaksinasi. Selain itu, kami juga menyiapkan tenaga kesehatan dan mini ICU di enam titik, yaitu di Bandara Radin Inten II, Mahan Agung, Poltekkes, SMAN 2 Bandarlampung, SMPN 1 Gedong Tataan, dan di Bendungan Way Sekampung," ujar Reihana.

Reihana juga menegaskan, vaksinasi yang dilakukan tidak dikhususkan untuk siswa atau tenaga pendidik, melainkan untuk seluruh masyarakat Lampung dari berbagai kalangan.



Sumber : Kompas TV/Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x