Kompas TV nasional peristiwa

Renungan Suci di TMP Kalibata, Presiden Jokowi Nyatakan Sumpah Berjuang seperti Pahlawan

Kompas.tv - 17 Agustus 2021, 02:05 WIB
renungan-suci-di-tmp-kalibata-presiden-jokowi-nyatakan-sumpah-berjuang-seperti-pahlawan
Presiden Jokowi memimpin langsung Apel Kehormatan dan Renungan Suci di TMP Kalibata pada Senin tengah malam untuk menghormati jasa para pahlawan Indonesia. (Sumber: YouTube Sekretariat Presiden)
Penulis : Ahmad Zuhad | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin langsung Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata pada Senin (16/8/2021) tengah malam menjelang Hari Kemerdekaan Indonesia.

Presiden Jokowi melakukan apel di tengah pencahayaan seadanya dari obor, lampu di beberapa titik dan cahaya bulan.

Di tengah remang-remang itu, Jokowi menyampaikan penghormatan pada 10.190 pahlawan yang dimakamkan di TMP Kalibata.

Baca Juga: Presiden Jokowi: Harga Tes PCR Rp 450.000 Hingga Rp 550.000

Mereka terdiri dari 9.192 pahlawan TNI-Polri, 892 pahlawan badan perjuangan, 63 pahlawan tokoh nasional, dan 43 pahlawan tak bernama.

Jokowi juga memberikan penghormatan pada seluruh pahlawan yang tidak dikenang nama dan tempatnya di kota-kota, dusun-dusun, lereng-lereng gunung, lembah-lembah, ngarai, dan dasar-dasar lautan. 

“Kami menyatakan hormat yang sebesar-besarnya atas keridaan, keikhlasan dan kesucian pengorbanan dalam mengabdi pada perjuangan demi kebahagiaan nusa dan bangsa,” ujar Jokowi.

Ia berjanji masyarakat Indonesia saat ini akan mengikuti jejak perjuangan para pahlawan yang merebut dan mempertahankan kemerdekaan.

“Kami bersumpah dan berjanji, perjuangan para pahlawan adalah perjuangan kami pula. Jalan kepastian yang ditempuh adalah jalan kami juga,” ucap Jokowi.

Jokowi menutup Renungan Suci itu dengan menyampaikan doa bagi para pahlawan Indonesia yang telah gugur.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x