Kompas TV nasional kesehatan

Arahan Jokowi, Menkes Diminta Siapkan Road Map Jika Pandemi Covid-19 Berlangsung Bertahun-tahun

Kompas.tv - 10 Agustus 2021, 10:02 WIB
arahan-jokowi-menkes-diminta-siapkan-road-map-jika-pandemi-covid-19-berlangsung-bertahun-tahun
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (Sumber: Dok. BNPB)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan arahan terbaru dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) soal penanganan Covid-19 di Indonesia.

Budi menyebut Jokowi meminta pihaknya untuk menyiapkan peta jalan atau road map jika pandemi Covid-19 berlangsung dalam jangka waktu panjang.

Hal ini disampaikan Budi dalam konferensi pers secara virtual terkait pengumuman perpanjangan PPKM berdasarkan level, Senin (9/8/2021) malam. 

"Kedepannya kemungkinan besar virus ini akan hidup cukup lama bersama kita. Jadi arahan presiden kita harus memiliki road map bagaimana kedepannya jika memang virus ini hilangnya butuh waktu sampai tahunan," kata Budi. 

"Bagaimana protokol kesehatan yang kita miliki bisa tetap menjaga kita untuk tetap hidup normal menjalankan aktivitas ekonomi tapi dengan kondisi yang lebih aman," lanjutnya. 

Merespons hal tersebut, Budi mengungkapkan pihaknya akan segera melakukan pilot project atau proyek percontohan yang mengatur enam aktivitas utama secara digital disertai penerapan protokol kesehatan. 

Baca Juga: Pemerintah Perpanjang PPKM Level 4 Hingga 16 Agustus 2021

Enam aktivitas yang dimaksud yakni:

Pertama perdagangan, baik modern seperti mall atau departemen store atau juga perdagangan tradisional seperti pasar basah atau toko-toko kelontong.

Kedua kantor dan kawasan industri.

Ketiga transportasi baik darat, laut, dan udara.

Keempat pariwisata seperti restoran, hotel, dan event.

Kelima keagamaan.

Keenam pendidikan.

"Arahan beliau agar dipastikan bahwa protokol kesehatan yang akan mendampingi kehidupan sehari-hari itu benar -benar bisa praktis, bisa juga digital atau berbasis IT, dan juga bisa mengamankan kehidupan kita sehari-hari," jelasnya.

Lebih lanjut Menkes RI ini menambahkan, Jokowi telah memutuskan untuk menggunakan apilkasi PelindungLindungi sedagai dasar penerapan protokol kesehatan tersebut.

"Rencananya minggu depan akan dimulai di mal bekerja sama dengan beberapa asosiasi mal Indonesia," tegasnya. 

Baca Juga: Luhut : PPKM Level 4, Mal Boleh Buka, Tapi Hanya Untuk Yang Sudah Divaksinasi




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x