Kompas TV nasional berita utama

Kemenkes: Peningkatan Kasus Covid-19 Seiring Kenaikan Jumlah Tes dan Perbaikan Pencatatan

Kompas.tv - 14 Juli 2021, 19:49 WIB
kemenkes-peningkatan-kasus-covid-19-seiring-kenaikan-jumlah-tes-dan-perbaikan-pencatatan
Ilustrasi tes Covid-19. (Sumber: Dok. Polres Kebumen)
Penulis : Ahmad Zuhad | Editor : Tito Dirhantoro

JAKARTA, KOMPAS.TV - Juru Bicara Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi, mengatakan pemerintah sedang meningkatkan jumlah pengetesan (testing) Covid-19, sehingga kasus positif harian mengalami peningkatan.

Selama beberapa hari, Indonesia terus mencetak rekor baru kasus positif Covid-19. Pada Senin (12/7/2021), pemerintah mencatat ada 40.427 kasus dalam sehari.

Kemudian, kasus baru Covid-19 naik menjadi 47.899 pada Selasa. Terakhir, pemerintah melaporkan total 54.517 kasus baru Covid-19 pada Rabu (14/7/2021).

Baca Juga: Ahmad Sahroni Dukung PPKM Darurat Diperpanjang, Tapi Ingatkan Pemerintah Perhatikan Pekerja Informal

“Kalau melihat kenaikan kasus konfirmasi positif Covid-19 akhir-akhir ini adalah seiring dengan kenaikan jumlah pengetesan dan perbaikan sistem pencatatan dan pelaporan,” ujar Siti Nadia Tarmizi dalam Penyataan Pers Harian PPKM Darurat, Rabu.

Menurut Nadia, angka kematian akibat Covid-19 dan angka kasus positif naik karena ada perubahan sistem verifikasi di laboratorium pemeriksa sampel tes.

“Kenaikan angka kematian dan angka konfirmasi positif disebabkan sistem verifikasi otomatis pada laboratorium pemeriksa yang menghilangkan proses verifikasi berjenjang, sehingga pelaporan menjadi lebih transparan dan tepat waktu,” ujar Nadia.

Ia juga mengklaim, angka test positivity rate Indonesia sedang stabil. Test positivity rate adalah perbandingan jumlah kasus positif Covid-19 dan jumlah orang yang melakukan tes.

“Angka positivity rate kita cenderung stabil disebabkan ada upaya peningkatan testing di mana target yang harus kita capai adalah pengetesan 324 ribu orang per hari,” kata Nadia.

Selama 3 hari terakhir, angka spesimen dan orang yang dites Covid-19 memang terus meningkat dari 149 ribu spesimen di hari Senin menjadi 240 ribu pada Rabu.



Sumber : Kompas TV/Kompascom


BERITA LAINNYA



Close Ads x