Kompas TV nasional peristiwa

Pasukan dan Armada Tempur TNI AL Bersiap Jalani Latihan Puncak Armada Jaya 39

Kompas.tv - 24 Juni 2021, 11:23 WIB
Penulis : Sadryna Evanalia

JAKARTA, KOMPAS.TV - Wakil Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Madya TNI, Ahmadi Heri Purwono memimpin apel gelar pasukan dan kendaraan tempur Korps Marinir yang tergabung dalam latihan Armada Jaya ke-39.

Laksamana Madya TNI, Ahmadi Heri Purwono meninjau kesiapan pasukan dan armada tempur untuk menjalani latihan Puncak Armada Jaya pada awal Juli mendatang di Dabo Singkep, Kepulauan Riau.

Latihan Armada Jaya 39 melibatkan puluhan kapal perang Republik Indonesia dan pesawat TNI Angkatan Laut serta ratusan prajurit marinir dengan didukung alutsista Korps Marinir.

Alutsista Korps Marinir di antaranya BMP 3F, LVT 7, BTR 50, Kapa 61, HOW 105,  RM70 Grad, Komob, Rubber boat, Ran Tatra serta puluhan kendaraan pendarat amfibi lainnya.

Wakasa, Laksamana Madya TNI Purwono menyebut prajurit perlu menguasai alutsista secara detail untuk mengantisipasi kondisi alutsista yang berusia tua.

”Tunjukkan bahwa kalian prajurit sejati, siapkan fisik, mental, dan tetap jaga profesionalisme. Program latihan Armada Jaya ini adalah puncak latihan TNI Angkatan Laut yang mensinergikan komponen- komponen Satuan Sistem Armada Jaya (SSAT) Angkatan Laut meliputi Kapal Perang Republik Indonesia (KRI), pesawat udara TNI AL, pangkalan TNI AL dan Korps Marinir. Latihan ini mengutamakan protokol kesehatan Covid 19 dan semua prajurit sudah melaksanakan tes swab dan vaksinasi " tegasnya.

Video Editor: Faqih Fisabilillah




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x