Kompas TV nasional peristiwa

Megawati Soekarnoputri Terharu Terima Bintang Penghargaan dari Rusia, Teringat pada Soekarno

Kompas.tv - 2 Juni 2021, 17:25 WIB
megawati-soekarnoputri-terharu-terima-bintang-penghargaan-dari-rusia-teringat-pada-soekarno
Presiden RI kelima Megawati Soekarnoputri terima Bintang Jasa Negara untuk Persahabatan (State Order of Friendship) dari Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobyova, Rabu (2/6/2021). (Sumber: Tangkap Layar YouTube PDI Perjuangan)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV -  Ketua Umum DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri tak bisa menahan haru saat menerima Bintang Jasa Negara untuk Persahabatan (State Order of Friendship) dari Republik Federasi Rusia.

Megawati mengaku bahagia dan terharu atas anugerah perhargaan tersebut. 

Karena teringat dengan sosok sang ayah, Soekarno yang merintis hubungan baik antara Rusia dengan Indonesia.

"Sungguh sebuah hari yang membahagiakan, saya mendapat kehormatan ini, karena, maaf saya teringat kepada ayah saya, padahal saya sangat mengerti bahwa beliau yang mulai merintis hubungan persahabatan antara Rusia dengan Indonesia," kata Megawati sambil menahan tangis, yang dikutip dari kanal Youtube, PDI Perjuangan, Rabu (2/6/21).

Presiden RI kelima ini kemudian teringat ketika dirinya masih muda, ketika sang ayah mengajaknya menjemput pemimpin Rusia pada saat itu, Kliment Voroshilov yang berkunjung ke Indonesia.

Baca Juga: Megawati Soekarnoputri Terima Bintang Jasa dari Presiden Rusia Vladimir Putin

Megawati menuturkan kunjungan tersebut merupakan titik awal hubungan persahabatan Indonesia dan Rusia yang berjalan hingga saat ini.

Lebih lanjut secara pribadi Megawati juga mengucapkan terima kasih karena sangat diterima ketika berkunjung langsung ke Rusia untuk berkenalan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin.

"Banyak hal yang telah kami dapat lakukan dengan membuat hubungan bilateral kita semakin erat," ungkap Mega.

Dia juga mengaku tidak lupa saat Presiden Putin memberikan kesempatan dirinya untuk membeli alat utama sistem persenjataan (alutsista) dari Rusia.  

"Saya merasa sangat terhormat dan tak kan lupa, karena waktu itu saya diberikan kesempatan oleh Presiden Putin untuk dapat membeli alutsista dari Rusia untuk Indonesia," jelas dia. 

Baca Juga: Kantor DPD PDIP Kaltim Termewah Diresmikan Megawati

Dalam kesempatan itu, Megawati meminta Duta Besar Rusia untuk Indonesia, Lyudmila G. Vorobyova menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Presiden Putin atas penganugerahan Bintang Jasa Persahabatan.

"Tolong sampaikan salam hangat saya dan terima kasih sangat besar atas penghargaan dari Beliau. Karena menurut saya, saya dan Beliau mempunyai ikatan pribadi," ujar Megawati.

Sementara itu, Megawati mengaku setelah pandemi Covid-19 berakhir akan berkunjung ke Rusia guna mengucapkan terima kasih kepada Presiden Putin atas penghargaan tersebut.

Sebagai informasi, Megawati merupakan orang pertama dari Indonesia yang menerima penghargaan Bintang Jasa tersebut.

Baca Juga: Kata Ganjar Soal Pidato Megawati Petugas Partai Harus Nurut



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x