Kompas TV nasional peristiwa

Bukan Panggil Paksa, Politikus Gerindra Pastikan Prabowo Hadir Raker di Komisi I Hari Ini

Kompas.tv - 2 Juni 2021, 05:00 WIB
bukan-panggil-paksa-politikus-gerindra-pastikan-prabowo-hadir-raker-di-komisi-i-hari-ini
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Presiden Jokowi duduk di dalam sebuah saung kayu saat kunjungan kerja di Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, Kamis (9/7/2020).  (Sumber: Biro Pers Sekretariat Presiden)
Penulis : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Setelah sempat tak hadir saat rapat kerja di Komisi I, Senin (31/5/2021) Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dijadwalkan hadir pada raker hari ini, Rabu (2/6/2021). Hal itu disampaikan anggota Komisi I dari Fraksi Partai Gerindra Sugiono.


"Sementara dari awal sudah ada konfirmasi bahwa beliau akan hadir pada rapat tanggal 2 Juni," kata Sugiono, Selasa (1/6/2021).

Ihwal ketidakhadiran pada raker Senin lalu, Sugiono menepis anggapan bahwa Prabowo tidak datang karena lebih mementingkan hadir rapat bersama Presiden Jokowi dibandingkan dengan Komisi I DPR.

"Kami menyadari bahwa dinamika agenda masing-masing pihak cukup tinggi, baik DPR maupun pihak pemerintah. DPR juga pada hari Senin kemarin ada agenda paripurna yang undangannya disampaikan di hari Minggu. Jadi ya kita saling menyesuaikan," tambah Sugiono.

Kehadiran dalam raker hari ini juga bukan karena "ancaman" pilitikus PDIP Effendi Simbolon yang akan memanggil paksa. 

Baca Juga: Hari Ini, Anggota Komisi I Undang Prabowo Bahas Polemik Anggaran Alutsista Rp1.760 T

"Tidak pernah ada wacana Komisi I akan memanggil paksa Menteri Pertahanan seperti apa yang disampaikan dalam wacana Pak Effendi Simbolon kemarin," katanya.

Sebelumnya, Effendi mengungkapkan kekecewaannya atas ketidakhadiran Ketua Umum Partai Gerindra ini. "Alasannya karena ada ratas (rapat terbatas) dengan Presiden. Mau ratas apa kek namanya. Heran juga rapat terbatas," ujar Effendi, Senin (31/5/2021).

Menurut Effendi, bukan hanya rapat dengan presiden Jokowi yang penting, dengan DPR juga sama pentingnya. "Emang Presiden Nggak Bisa Dibilangin? Bilang, Pak Izin rapat," tambah Effendi.

Effendi pun meminta agar hal ini menjadi perhatian. Sebab sudah setahun Komisi I tidak pernah rapat kerja yang dihadiri langsung oleh Prabowo. "Apa kita harus panggil paksa? DPR bisa panggil paksa," ujarnya.

Baca Juga: Komisi I DPR Buka Suara Soal Rencana Indonesia Borong Alutsista Rp 1.750 Triliun

Padahal,  Komisi I DPR sudah mengagendakan rapat kerja dengan Kementerian Pertahanan dengan agenda  mempertanyakan rencana anggaran alat utama sistem persenjataan (alutsista) sebesar Rp1.760 Triliun yang menjadi polemik di tengah masyarakat.

"Jam 10.00 hari ini, siap. Kita akan rapat. Sebab saya juga belum tahu ini (soal rencana anggaran alutsista, red)," kata politikus Partai Golkar Bobby Adithyo Rizaldi  dalam wawancara Sapa Indonesia Sapi di KOMPAS TV, Senin (31/5/2021).



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Opini

Arch of Augustus di Rimini

28 April 2024, 07:05 WIB

Close Ads x