Kompas TV nasional berita utama

Seskab Pramono Anung: Pancasila Senjata Ampuh Atasi Persoalan Bangsa

Kompas.tv - 1 Juni 2021, 08:11 WIB
seskab-pramono-anung-pancasila-senjata-ampuh-atasi-persoalan-bangsa
Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung (Sumber: Istimewa)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung mengatakan, Pancasila sebagai falsafah hidup bangsa Indonesia merupakan senjata ampuh untuk mengatasi berbagai persoalan bangsa.

Pernyataan tersebut disampaikan Pramono Anung dalam Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2021 yang jatuh pada Selasa (01/06/2021).

“Pancasila sebagai ideologi yang hidup di bangsa ini, yang tumbuh dan berkembang dari bangsanya selalu terbukti menjadi penyelesai berbagai persoalan bangsa Indonesia,” ujar Pramono Anung seperti dikutip dari setkab.go.id.

Dalam keterangannya, Seskab Pramono Anung meyakini bahwa nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila juga telah diterapkan dalam kehidupan bangsa Indonesia.

“Kita tahu bahwa masyarakat Indonesia telah terbukti, berbagai individu, mereka menerapkan Pancasila dalam kehidupan keseharian,” katanya.

Baca Juga: Sejarah Singkat, Logo dan Tema Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2021

“Nilai-nilai ketuhanan, kemanusiaan, persatuan dan kesatuan, musyawarah mufakat, keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia adalah inti dan sejatinya dari Pancasila,” tambahnya.

Tak hanya itu, Pramono menilai nilai-nilai Pancasila juga telah dijadikan dasar bagi bangsa Indonesia berjuang untuk mengatasi dan bangkit dari pandemi saat ini.

Hal tersebut, sambung Seskab, tercermin dalam semangat gotong royong yang ditunjukkan segenap komponen bangsa sebagai wujud dari pengamalan nilai yang terkandung dalam Pancasila.

“Salah satu makna yang penting dan terpenting dalam Pancasila ketika menghadapi COVID-19 adalah gotong royong,” katanya.

Baca Juga: Jelang 1 Juni, Mari Mengenal Lokasi Bersejarah Lahirnya Pancasila

“Dengan gotong royong kita melihat bangsa Indonesia menyelesaikan banyak hal, termasuk menyelesaikan persoalan COVID-19,” ujarnya.

Dalam Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2021, Pramono Anung mengajak seluruh bangsa Indonesia untuk tetap konsisten dalam menerapkan nilai-nilai Pancasila.

“Selamat Hari Lahir Pancasila. Mari kita menerapkan Pancasila dalam semua lini kehidupan demi kemajuan bangsa dan negara. Merdeka!,” tutup Pramono Anung.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x