Kompas TV nasional sosial

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan Apresiasi Tema Hari Waisak 2565 BE/2021

Kompas.tv - 26 Mei 2021, 12:26 WIB
gubernur-dki-jakarta-anies-baswedan-apresiasi-tema-hari-waisak-2565-be-2021
Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan saat menyampaikan sambutan dalam Perayaan Tri Suci Waisak Walubi di Jakarta, Rabu (26/5/2021) (Sumber: Youtube/DPP Walubi)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengapresiasi tema yang diusung Perwakilan Umat Buddha Indonesia (Walubi) dalam Perayaan Hari Raya Tri Suci Waisak 2565 BE/ 2021.

Diketahui, tema Waisak tahun ini, yaitu Waisak Membangkitkan Semangat Persatuan untuk Indonesia Maju.

"Izinkan saya menyampaikan apresiasi atas tema ini," kata Anies Baswedan di Perayaan Tri Suci Waisak Walubi di Jakarta, Rabu (26/5/2021).

Baca Juga: Di Hari Raya Waisak, Presiden Jokowi: Selalu ada Kemudahan Setelah Kesulitan

Apresiasi ini Anies sampaikan, lantaran semangat persatuan yang tercantum dalam tema sesuai dengan ikhtiar yang sedang diupayakan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Bagi Anies, persatuan adalah hasil usaha manusia, sementara keragamaan merupakan ciptaan Tuhan. Atas dasar itulah kemudian, persatuan di Jakarta perlu diupayakan, karena keragaman sudah pasti ada di Jakarta.

"Kami di DKI Jakarta mengikhtiarkan itu, karena kami percaya bahwa Jakarta adalah Bhinneka, Jakarta adalah beragam, tugas kita adalah menghadirkan perasaaan persatuan dan kebersamaan lintas apapun juga," jelasnya.

Baca Juga: Fakta Gerhana Bulan Total Hari Ini yang Bertepatan dengan Hari Raya Waisak 26 Mei 2021

Adapun realisasinya, sebisa mungkin Anies menghadirkan perasaan kesetaraan, perasaan kebersamaan, dan perasaan bekerja bersama-sama. Beberapa diantaranya persatuan dalam  bentuk vertikal, seperti sosial ekonomi. Sedangkan horizontal, seperti lintas status latar belakang, tidak membedakan baik agama, suku, dan bangsa.

Ikhtiar persatuan terus diupayakan di Jakarta, salah satunya karena pada awal tahun ini, Pemprov DKI Jakarta menerima Harmony Award Tahun 2020. Penghargaan yang diberikan oleh Kementerian Agama (Kemenag) Ri ini merupakan apresiasi negara untuk kota yang berhasil melakukan harmonisasi kehidupan antar umat beragama.

Selain menyampaikan apresiasi terhadap tema, dalam acara yang menerapkan protokol kesehatan ini Anies juga menyampaikan ucapan selamat Waisak kepada seluruh umat Buddha di Indonesia.

"Izinkan kami atas nama pemerintah provinsi DKI Jakarta mengucapkan selamat kepada umat Buddha. Selamat merayakan Hari Raya Waisak. Semoga perayaan ini menjadi momen bagi kita semua untuk menjadi rendah hati dan menjadi pribadi, masyarakat, dan bangsa yang lebih baik," pungkasnya.

Baca Juga: Survei ARSC: Anies, Prabowo, Ganjar, Susi, Risma, Capres 2024 Terbanyak Dipilih Responden



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Opini

Arch of Augustus di Rimini

28 April 2024, 07:05 WIB

Close Ads x