Kompas TV nasional sosial

Digratiskan Selama Tujuh Minggu, 525.000 Kendaraan Tercatat Melintasi Tol Serpong-Cinere

Kompas.tv - 24 Mei 2021, 21:41 WIB
digratiskan-selama-tujuh-minggu-525-000-kendaraan-tercatat-melintasi-tol-serpong-cinere
Tol Serpong-Cinere ruas Serpong-Pamulang (Sumber: Kementerian PUPR)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Selama tujuh minggu masa pengoperasian secara gratis, setidaknya telah ada 525.000 kendaraan yang melintasi Tol Serpong-Cinere Ruas Serpong-Pamulang.

Direktur Utama PT Cinere Serpong Jaya (CSJ) Ayu Widya Kiswari menjelaskan yang menjadi dasar perhitungan jumlah tersebut adalah arus lalu lintas kumulatif yang melintas di Ruas Cinere-Serpong.

"Perhitungan tersebut didominasi oleh kendaraan golongan I yaitu sekitar 97 persen dari total seluruh kendaraan yang melintasi Jalan Tol Serpong-Cinere Ruas Serpong-Pamulang,” kata Ayu dalam keterangan tertulis, Senin (24/05/2021).

Baca Juga: Diresmikan Jokowi 1 April, Waskita Karya Langsung Jual Sebagian Saham Tol Cinere-Serpong

Dalam data lalu lintas kendaraan yang didapat tersebut, PT CSJ mencatat Lalu lintas Harian Rata-rata (LHR) jalan tol ini adalah 10.264 kendaraan.

Dengan angka LHR tertinggi tercatat pada Hari Raya Idulfitri, Kamis (13/05/2021), yakni sebanyak 13.209 kendaraan.

Dari catatan LHR tersebut, Jalan Tol Serpong-Cinere Ruas Serpong-Pamulang cenderung belum memenuhi target dari PT CSJ.

Meski begitu, hal tersebut sangat dapat dimaklumi karena akses ruas jalan tol ini baru bisa mancapai GT Pamulang, belum sampai ke Jalan Tol Cinere-Jagorawi (Cijago).

Baca Juga: Tuntut Kenaikan Ganti Rugi Bangunan, Warga Cilenggang Gelar Aksi di Proyek Tol Serpong-Balaraja

"Selain itu, pengendalian transportasi di jalan tol dalam rangka pengetatan dan peniadaan mudik Hari Raya Idulfitri 1442 H juga berdampak pada mobilitas masyarakat yang cukup berpengaruh pada LHR jalan tol ini,” sambung Ayu.

Ayu menambahkan, bagi pengguna Jalan Tol Serpong-Cinere Ruas Serpong-Pamulang yang hendak menuju Jalan Tol Cijago, mereka dapat menggunakan jalan arteri setelah keluar GT Pamulang untuk menuju GT Kukusan Jalan Tol Cijago.

"Kami optimistis ke depannya, jika jalan tol ini sudah menerus hingga Jalan Tol Cijago, target lalu lintas dapat tercapai, karena akan memudahkan pengguna jalan yang berasal dari Serpong, Pamulang dan sekitarnya menuju Cinere, Bogor, Ciawi dan sekitarnya melalui Jalan Tol Cijago dan Jalan Tol Jagorawi," tutup Ayu.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x