Kompas TV nasional update corona

Satgas Covid-19: Kasus Aktif Covid-19 Terus Meningkat 6 Hari Terakhir

Kompas.tv - 24 Mei 2021, 09:24 WIB
satgas-covid-19-kasus-aktif-covid-19-terus-meningkat-6-hari-terakhir
Ilustrasi pemakaman jenazah Covid-19 yang dilakukan dengan protokol kesehatan (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Bidang Data dan Teknologi Informasi Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Dewi Nur Aisyah mengatakan, kasus aktif Covid-19 terus mengalami kenaikan pada enam hari terakhir.

Berdasarkan pemantauan Satgas sejak pekan lalu hingga 22 Mei 2021, ada sebanyak 440 kasus aktif dalam enam hari terakhir. Dengan penambahan ini, total kasus aktif Covid-19 di Indonesia yakni 91.240 kasus. 

"Dalam enam hari terakhir ada tren kenaikan kasus aktif. Biasanya kan kita mencatat kasus aktif menurun. Ini ada kenaikan 440 kasus dalam enam hari terakhir," ujar Dewi dikutip dari rapat koordinasi nasional penanganan Covid-19 secara virtual, Senin (24/5/2021).

Kenaikan kasus aktif datang dari 10 provinsi yakni, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan, Aceh, NTB, Kepulauan Riau, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Gorontalo dan Maluku Utara.

"Sementara itu, sebanyak 23 provinsi lain mengalami penurunan kasus aktif dan satu provinsi lagi kondisinya tetap," jelas Dewi. 

Baca Juga: Kecerdasan Buatan GeNose Sudah Diperbarui, Kini Bisa Deteksi Varian Baru Virus Corona

Terkait kasus kematian persentase kasus tercatat sebanyak 2,78 persen. Angka ini menurun dari pekan sebelumnya di mana angka kematian mencapai 2,8 persen.

Meskipun begitu, angka kematian di sejumlah provinsi terpantau naik. Di antaranya, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Lampung, Sumatera Barat, NTT, Yogyakarta, Banten, Jambi dan Papua Barat. 

Persentasi angka kesembuhan terpantau meningkat yakni sebesar 92,06 persen. 

Jumlah pemeriksaan spesimen paska libur Idulfitri pun meningkat per harinya yakni rata-rata sebanyak 62.000 spesimen diperiksa. 

"Jumlah orang yang diperiksa juga kembali naik menjadi rata-rata 40.000 orang per hari," kata Dewi. 

Ia mengatakan, apabila mengikuti standar WHO, saat ini pemeriksaan Covid-19 Indonesia telah memenuhi, bahkan lebih. Sebab, pemeriksaan Covid-19 sudah mencapai 112 persen dari standar dalam enam hari saja.

Terkait keterisian tempat tidur RS rujukan Covid-19 atau bed occupancy rate (BOR) ada empat provinsi yang mendapat perhatian khusus dari Satgas karena sudah melampaui 50 persen yakni Sumatera Utara, Kalimantan Barat, Sumatera Barat, dan Riau. 

Sementara itu, 30 provinsi lain BOR-nya kurang dari 50 persen.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x