Kompas TV nasional peristiwa

Kapolri Turut Berduka Atas Gugurnya Awak Kapal Selam KRI Nanggala-402

Kompas.tv - 25 April 2021, 20:20 WIB
kapolri-turut-berduka-atas-gugurnya-awak-kapal-selam-kri-nanggala-402
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menyatakan keluarga besar Polri turut merasakan keprihatinan mendalam terkait KRI Nanggala 402 yang masuk fase tenggelam, Sabtu (24/4/2021). (Sumber: Dok. Divisi Humas Polri)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyampaikan turut beduka cita atas gugurnya awak kapal selam KRI Nanggala-402.

"Kami keluarga besar Polri, saya selaku pimpinan Polri menyampaikan keprihatinan dan duka cita yang mendalam, atas gugurnya saudara-saudara kita, prajurit terbaik KRI Nanggala-402," ucap Listyo dalam siaran pers, Minggu (25/4/2021).

Baca Juga: KSAL: Tim Evakuasi Upayakan Angkat KRI Nanggala-402 dari Kedalaman 838 Meter

Sebagaimana yang telah diketahui, terdapat dua awak kapal selam KRI Nanggala-402 yang merupakan keluarga besar polri, yakni Letkol Laut (P) Heri Oktavian, dan Letda Rhesa Tri.

"Saya informasikan juga Letkol laut Heri Oktavian kebetulan adalah masih keluarga besar Polri. Di mana beliau adalah putra dari Kompol Purnawirawan Imron Hakim," katanya.

Baca Juga: Letkol Laut Heri Oktavian, Komandan KRI Nanggala-402 yang Alumnus SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta

Sedangkan, Letda Rhesa Tri kebetulan adalah adik sepupu dari AKP Maria S Silalahi.

Oleh karena itu, Kapolri secara khusus mengungkapkan rasa duka cita, tak hanya untuk TNI tapi juga untuk keluarga besar Polri.

Baca Juga: Ini Penyebab Keretakan Kapal Selam KRI Nanggala-402, Peralatan Hingga Penahan Torpedo Keluar

Sebelumnya, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyatakan seluruh awak kapal KRI Nanggala-402 yang berjumlah 53 telah gugur, Minggu (25/4/2021) petang.

Pernyataan tersebut berdasarkan hasil pemindaian secara akurat oleh KRI Rigel dan MV Swift Rescue Singapura di lokasi yang diduga tempat tenggelamnya KRI Nanggala-402.

"Berdasar bukti-bukti otentik tersebut dapat dinyatakan bahwa KRI Nanggala-402 telah tenggelam dan seluruh awaknya telah gugur," kata Hadi.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x