Kompas TV nasional sosial

Kalau Ada yang Ngeyel Lebaran Nanti Tetap Mudik, Siap-Siap Diminta Putar Balik oleh Polisi!

Kompas.tv - 30 Maret 2021, 15:19 WIB
kalau-ada-yang-ngeyel-lebaran-nanti-tetap-mudik-siap-siap-diminta-putar-balik-oleh-polisi
Pemeriksaan pengendara di Tol Kalikangkung Semarang, sabtu (30/5/2020). (Sumber: KOMPAS.com/RISKA FARASONALIA)
Penulis : Gading Persada | Editor : Eddward S Kennedy

JAKARTA, KOMPAS.TV- Pihak Kepolisian Republik Indonesia (Polri) segera menerbitkan petunjuk teknis terkait larangan mudik Lebaran di Hari Raya Idul Fitri 2021 yang dikeluarkan pemerintah.

Kemungkinan tak jauh beda seperti pada tahun 2020 lalu, Polri akan melakukan penyekatan serta perintah bagi kendaraan yang kedapatan bakal melewati titik perbatasan untuk memutar balik kembali ke kotanya. 

Kepala Bagian (Kabag) Operasional Korlantas Polri, Kombes Pol Rudy Antariksawan menjelaskan, akan ada kemungkinan dilakukannya tindakan penyekatan. 

Selain itu direncanakan akan ada operasi yustisi untuk mencegah pergerakan masyarakat dari Jakarta dan sekitarnya menuju daerah atau yang menuju luar kota.

"Kita akan melakukan tindakan pencegahan kepada yang mudik dengan melaksanakan penyekatan di beberapa titik," kata Rudy, Senin (29/3/2021).

Baca Juga: Mudik Dilarang, Bupati Jember justru Ajak Warga Luar untuk Datang ke Kotanya Demi Stabilitas Ekonomi

Menurutnya, untuk titik penyekatan akan dilakukan di perbatasan seperti tol dan perbatasan antara Jakarta dengan kota sekitarnya. Rencananya tindakan penyekatan akan dilakukan seperti yang dilakukan tahun lalu.

"Sekarang ini kita harus mensosialisasikan kepada masyarakat bahwa mudik memang dilarang. Diharapkan masyarakat benar-benar paham tentang aturan ini dan tidak melaksanakan mudik," jelas Rudy.

Untuk tindakan yang akan dilakukan, petugas akan memberikan sosialisasi kepada masyarakat yang nekat mudik dan menyuruh untuk berputar arah.

Sementara bagi pemudik yang melewati jalan bebas hambatan (tol) akan disuruh putar balik melalui jalur arteri. Untuk tindakan yang akan dilakukan, petugas akan memberikan sosialisasi kepada masyarakat yang nekat mudik dan menyuruh untuk berputar arah.

Operasi penyekatan untuk mencegah pergerakan mudik ini rencananya akan berkoordinasi dengan pihak terkait.

"Tindakan pencegahan mudik ke kampung halaman ini akan dilakukan secara tegas namun tetap humanis," imbuh dia. 

Baca Juga: Polri Bakal Tetap Gelar Operasi Ketupat Meski Pemerintah Larang Mudik 2021



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x