Kompas TV nasional kesehatan

Berbadan Kekar, Tentara Ini Ketakutan Saat Disuntik Vaksin Covid-19, Terkena Trypanophobia?

Kompas.tv - 12 Maret 2021, 19:37 WIB
berbadan-kekar-tentara-ini-ketakutan-saat-disuntik-vaksin-covid-19-terkena-trypanophobia
Tangkapan layar postingan akun Instagram yang memperlihatkan seorang tentara ketakutan saat ingin disuntik vaksin Covid-19. (Sumber: Akun Instagram @maklambeturah)
Penulis : Gading Persada

SOLO, KOMPAS.TV- Sebuah video yang beredar di media sosial viral lantaran memperlihatkan seorang tentara yang berbadan kekar namun ketakutan saat akan disuntik vaksin Covid-19.

Pada tayangan video yang diposting akun Instagram @maklambeturah, Kamis (12/3/2021), tampak seorang tentara bersiap melakukan vaksinasi Covid-19.

Jika didengar dari percakapan orang yang ada di video itu, sepertinya tentara yang akan divaksin itu dilakukan di wilayah Jawa Tengah.

Baca Juga: Fobia Jarum, Sejumlah Polisi Ketakutan Saat Disuntik Vaksin

Karena ketakutan, tentara yang akan disuntik tersebut sampai harus didampingi dua rekannya.

Cukup lama juga dua rekannya tersebut menenangkan tentara itu sebelum tim dokter menyuntiknya. Beberapa kali suntikan tidak bisa dilakukan lantaran tentara itu berteriak-teriak ketakutan, bahkan beberapa kali pula badan kekar sang tentara sampai melorot dari kursinya karena merasa takut disuntik.

Wis ayo, tinggal kamu saja yang belum disuntik. Kanca-kanca liane wis disuntik (Sudah ayo, tinggal kamu saja yang belum disuntik. Teman-teman yang lain sudah disuntik),” terdengar suara seorang pria di dalam video tersebut.

Tak pelak, aksi ketakutan tentara ini mengundang berbagai komentar warganet. Salah satu yang menarik adalah komentar salah satu netizen yang menyebut tentara tadi terkena Trypanophobia.

Penderita Trypanophobia tidak ada hubungannya dengan pekerjaan, besarnya body, kerasnya otot, atau mental dia menghadapi lawan. Orang-orang seperti mereka seharusnya ditenangkan. Tapi gue juga nggak nahan pengen ngakak (diakhiri emoticon orang tertawa),” tulis @bkbelka seperti dikutip Kompas.tv, Jumat (12/3/2021).

Nah, penyuntikan vaksin Covid-19 yang mulai dilakukan di Indonesia sejak 13 Januari 2021 lalu ternyata mendapat respon dari masyarakat, salah satunya dari orang-orang yang takut jarum suntik.

Baca Juga: Drama Takut Jarum Suntik, Kasat Narkoba Polres Lumajang Sampai Dijemput Provos

Ketakutan terhadap jarum pada anak-anak dianggap wajar, karena dianggap masih labil dalam mengendalikan ekspresi rasa sakit akibat jarum.

Umumnya, orang dewasa lebih mampu mentolerir rasa sakit, sehingga lebih tenang. Namun demikian, ketakutan terhadap jarum suntik juga dirasakan oleh orang dewasa.

Dilansir dari Healthline, bagi sebagian orang, takut akan jarum dapat membayang-bayangi seseorang sampai dewasa.

Bahkan rasa ketakutannya bisa melebihi yang mereka alami saat masa kanak-kanak. Sebenarnya, apa yang menyebabkan seseorang bisa sangat takut terhadap jarum suntik?

Ternyata ada ketakutan ekstrem terhadap prosedur medis yang melibatkan suntikan atau jarum suntik yang disebut Trypanophobia. Fenomena ini sempat diteliti di Amerika.

Baca Juga: Video Pertarungan Polisi Kalahkan Rasa Takut Jarum Suntik Demi Vaksinasi Covid-19

Pada 2019, profesor kesehatan masyarakat Universitas Michigan, Mary Rogers menerbitkan laporan di Journal of Advanced Nursing yang mencatat bahwa 16 persen orang dewasa menghindari vaksin flu karena takut jarum suntik.

Menurutnya, 20-30 persen orang dengan rentang usia 20-40 tahun takut jarum suntik. Pada penelitian terbaru, ketakutan terhadap jarum suntik juga menjadi persoalan vaksinasi Covid-19.

Dilansir dari The Washington Post, American Journal of Infection Control melakukan survei terhadap 788 orang dewasa di Amerika.

Survei tersebut melaporkan bahwa rasa takut terhadap jarum suntik, jadi salah satu alasan bagi seseorang menolak vaksinasi Covid-19.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x