Kompas TV nasional peristiwa

Bupati Pacitan: Dana Rp 9 Miliar untuk Museum SBY Bukan dari APBD, Uangnya Belum Diserahkan

Kompas.tv - 16 Februari 2021, 06:05 WIB
bupati-pacitan-dana-rp-9-miliar-untuk-museum-sby-bukan-dari-apbd-uangnya-belum-diserahkan
Bupati Pacitan Indartato saat memberi klarifikasi dana hibah Rp 9 miliar untuk bantuan pembangunan Museum SBY. (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Fadhilah

PACITAN, KOMPAS.TV - Bupati Pacitan Indartato angkat bicara soal ramainya kabar adanya dana hibah Rp 9 miliar untuk Yudhyono Foundation, yayasan yang didirikan oleh Keua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Indartato membantah bahwa dana Rp 9 miliar tersebut bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Pacitan, Jawa Timur (Jatim).

Menurut dia, dana itu merupakan dukungan dari pemerintah provinsi (pemprov) Jatim untuk pembangunan museum kepresidenan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Kabupaten Pacitan.

Baca Juga: Bupati Pacitan Sebut Dana Rp 9 Miliar Itu untuk Bantuan Pembangunan Museum SBY

Bantuan Pemprov untuk Museum SBY

"Bukan dari APBD Pacitan. Itu dari pemeritah provinsi yang memberikan bantuan namanya bantuan keuangan khusus kepada pemerintah daerah untuk pembangunan museum Pak SBY," katanya dalam laporan KOMPAS TV Pacitan, Senin (15/2/2021).

Indartato menerangkan, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Pacitan awalnya mengusulkan dana bantuan untuk pembangunan Museum SBY kepada Pemprov Jatim.

Kemudian dana yang disebut sebagai bantuan keuangan khusus (BKK) itu diterima oleh Pemda Kabupaten Pacitan pada 9 Desember 2020 lalu.

Dana tersebut selanjutnya dimasukkan dalam APBD Kabupaten Pacitan Tahun 2021.

"Alhamdulillah uangnya keluar. Tapi karena keluarnya tanggal 9 Desember 2020, pemerintah daerah juga tidak berani untuk memberikan ke museum, akhirnya dianggarkan pada APBD 2021," jelasnya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x