Kompas TV nasional peristiwa

Abu Janda dan Natalius Pigai Bertemu, Ini Kata KNPI

Kompas.tv - 9 Februari 2021, 10:58 WIB
abu-janda-dan-natalius-pigai-bertemu-ini-kata-knpi
Sufmi Dasco Ahmad Pertemukan Natalius Pigai dan Abu Janda (Sumber: istimewa)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti

JAKARTA, KOMPAS.TV- Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) mengatakan tidak akan mencabut laporan terhadap Permadi Arya atau Abu Janda. Meskipun, Permadi Arya atau Abu Janda dan Natalius Pigai sudah bertemu.

“Belum terpikir bagi KNPI untuk mencabut laporan itu,” kata Ketua Bidang Hukum DPP Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Medya Rischa Lubis seperti dikutip dari Kompas.com Selasa (9/2/2021).

Baca Juga: Akhirnya, Natalius Pigai dan Abu Janda Bertemu

Menurut Medya, pertemuan yang terjadi antara Natalius Pigai dan Permadi Arya alias Abu Janda tidak mempengaruhi proses hukum yang sedang berjalan. Lantaran pertemuan keduanya terjadi di luar konteks hukum.

“Artinya begini, itu kan pertemuan yang kita sama-sama tahu difasilitasi sama elite politik, sedangkan elite politik di dalam struktur hukum kita, apalagi dalam penyidikan ini kan out of context,” tegas Medya..

Selain itu, sambung Medya, semestinya pertemuan antara Natalius Pigai dan Permadi Arya difasilitasi penyidik bukan elite politik.

Baca Juga: Respon Ajakan Abu Janda, Natalius Pigai Buka Diri untuk Bertemu

“Jadi semestinya, kalaupun ada pertemuan seperti itu yang berwenang dong (yang memfasilitasi) ya penyidik bukan elite politik,” ujar Medya.

Lebih lanjut, Medya mempersilakan Abu Janda melakukan safarinya ke berbagai pihak untuk menjalin silaturahmi. Akan tetapi, sambung Medya, penegakan hukum harus tetap berjalan. Apalagi, laporan yang dilakukan oleh KNPI atas nama pemuda-pemudi Papua yang bernaung di bawah KNPI.

“Sejak awal kami tegaskan, itu bukan persoalan Pigai pribadi, tapi atas nama bangsa, jadi tujuannya untuk persatuan, itu saja yang perlu digarisbawahi,” ujar Medya.

Baca Juga: Hari Ini Bareskrim Polri Periksa Abu Janda Terkait Dugaan Rasisme ke Natalius Pigai

Sebelumnya, seperti yang ditulis KOMPAS.TV, Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menjadi penengah dalam pertemuan Natalius Pigai dan Permadi Arya atau Abu Janda. Pertemuan dilakukan di sebuah Hotel di Kawasan Senayan, Jakarta Selatan, Senin (8/2/2021).

“Perkuat diri membangun negeri. Bersama Natalius Pigai dan Abu Janda, Fairmont 8 Februari 2021,” singkat Sufmi Dasco Ahmad.

Pertemuan Natalius Pigai dan Permadi Arya atau Abu Janda serta Sumfi Dasco Ahmad terlihat dilakukan dengan santai. Ada sejumlah hidangan di meja tempat dilakukannya pertemuan.

Baca Juga: Ambroncius Nababan, Tersangka Kasus Rasisme Terhadap Natalius Pigai Ditahan 20 Hari

Sebelumnya pertemuan ini, Permadi Arya atau Abu Janda menyatakan ingin bertemu dengan Natalius Pigai. Keinginan itu direspons positif oleh Natalius Pigai.

“Untuk dan atas nama pribadi, saya sendiri perbolehkan Anda (Permadi Arya atau Abu Janda -red) untuk bertemu,” kata Natalius Pigai melalui cuitan di akun Twitternya, Jumat (5/2/2021).

Dalam cuitannya, Natalius mengatakan tidak ingin memenjarakan atau melaporkan Permadi Arya atau Abu Janda. Natalius memahami, respons yang diberikan Permadi Arya atau Abu Janda sebagai risiko bagi pekerja kemanusiaan.

“Saya hanya lilin kecil di Lorong kegelapan! Saya tahu itu risiko sebagai pekerja kemanusiaan. Karena itu, saya tidak pernah terpikirkan untuk memenjarakan/ melaporkan,” ujar Mantan Komisioner Komnas HAM Natalius Pigai.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x