Kompas TV nasional update

Jokowi: Vaksinasi Covid-19 akan Dimulai pada 13 Januari 2021

Kompas.tv - 6 Januari 2021, 11:55 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Jokowi mengatakan vaksinasi akan dimulai pekan depan (13/1/2021) dan dilakukan secara serentak diawali di pusat, kemudian dilanjutkan di daerah.

Melalui keterangan tertulis di Puspen Kemendagri, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan penyuntikan pertama akan dilakukan pada Rabu depan (13/1/2021) di Jakarta oleh Presiden Jokowi.

Dalam rapat koordinasi Kesiapan Vaksinasi COVID-19 dan Kesiapan Penegakan Protokol Kesehatan Tahun 2021 di kantor Kemendagri, Jakarta Pusat, Menkes berharap kepala daerah, Bapak/Ibu Gubernur, turun untuk membangkitkan confidence ke masyarakat.

Hal ini sejalan dengan apa yang disampaikan Presiden Jokowi, bahwa vaksinasi harus melibatkan tokoh masyarakat dan kalau ada tokoh kesehatan atau figur dokter yang berpengaruh, misalnya, untuk diikutsertakan.

Penyuntikan vaksin rencananya akan dilakukan perdana pada 13 Januari 2021, diikuti secara serentak di 34 provinsi.

Lebih lanjut Menkes Budi juga meminta Bapak/Ibu Gubernur, kepala daerah memilih orang yang akan divaksinasi, karena tanggal 14-15 akan mulai lakukan vaksinasi di daerah, terutama provinsi.

Kemudian untuk proses vaksinasi, terutama tenaga kesehatan, dibagi dalam dua tahap.

Melalui Menkes, Jokowi juga memberikan arahan, bahwa akan ada sedikit dampak, misalnya pegel sedikit, demam sedikit usai penyuntikan vaksin.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x